PLN NTB berkomitmen menerapkan K3 di lingkungan kerja

id peringatan bulan k3, pln ntb, disnakertrans ntb, komitmen k3

PLN NTB berkomitmen menerapkan K3 di lingkungan kerja

Foto arsip-Jajaran PLN UIW NTB bersama Disnakertrans NTB menggelar penutupan Bulan K3 di Mataram, NTB, Jumat (1/3/2024). (ANTARA/HO-PLN)

Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (UIW NTB) berkomitmen untuk tetap menerapkan prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan kerja.

"Meskipun penghargaan ini menjadi salah satu bukti komitmen kami terhadap implementasi K3, tidak akan menjadikan kami berpuas diri. Kami berkomitmen untuk tetap menjalankan K3, karena tidak ada yang jauh lebih berharga daripada jiwa manusia," kata General Manager PT PLN UIW NTB Sudjarwo dalam keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Selasa.

PT PLN UIW NTB mendapatkan penghargaan dari PT PLN Pusat dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB pada momentum peringatan bulan K3 Nasional yang dimulai sejak Januari hingga Februari 2024.

Dalam kegiatan yang ditutup pada 1 Maret 2024, PT PLN UIW NTB meraih Juara 1 Lomba Breaktrough Zero Accident dalam rangka Bulan K3 Nasional. Penghargaan lain diterima PT PLN UIW NTB dari Disnakertrans NTB atas kontribusi aktif dalam kegiatan Bulan K3 di wilayah NTB.

Atas penghargaan tersebut, Sudjarwo menyampaikan terima kasih kepada Pemprov NTB, khususnya Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang telah mendukung PLN dalam menjalankan ketentuan K3.

"Terima kasih atas dukungan dari seluruh pemangku kepentingan selama ini. Ini akan menjadi motivasi kami untuk tetap menjalankan dan mengimplementasikan K3 di lingkungan kerja kami," ujarnya.

Kepala Disnakertrans NTB I Gede Putu Aryadi menyampaikan apresiasi terhadap PLN, karena telah melaksanakan berbagai kegiatan yang bisa merekatkan hubungan antarpegawai maupun membangun komitmen di seluruh lingkungan unit kerja.

"Budaya safety itu harus dimulai dari pimpinan dan manajemen. Komitmen dibangun mulai dari pusat hingga daerah, itu yang kami apresiasi dari PLN," kata Aryadi.

Menurut dia, seorang pemimpin harus bisa mengamati sekaligus memberi contoh kepada seluruh pegawai cara mengimplementasikan budaya K3, baik dalam pelaksanaan tugas maupun dalam berinteraksi sosial.

Dia mengucapkan terima kasih kepada PLN yang mendukung kelancaran kegiatan bulan K3 di NTB hingga memperoleh apresiasi dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) RI.

Baca juga: PLN jadi best of the best communications dengan 12 penghargaan dari Menteri BUMN
Baca juga: PLN lakukan pemadaman listrik di Nusa Penida saat Nyepi


"Kita dapat apresiasi, karena kita dinilai mampu mengimplementasikan secara komplet bagaimana membangun budaya K3 bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat," ujar dia.

Aryadi mengajak kepada seluruh pihak agar menjadikan momentum bulan K3 tahun ini sebagai wujud evaluasi maupun implementasi dalam dunia kerja nyata yang penuh dengan komitmen budaya keselamatan dan kesehatan kerja.