PBNU sampaikan selamat ke Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024

id Pbnu,Pilpres 2024,Prabowo subianto,Gibran rakabuming,Gibran Rakabuming Raka,KPU,Bawaslu,DKPP,MK,Gugatan,Sengketra,DPR,DP

PBNU sampaikan selamat ke Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (tengah) dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (21/3/2024). ANTARA/Prisca Triferna.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengucapkan selamat kepada yang telah berhasil

Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka usai ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pemenang pemilihan calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024.

 

"Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengucapkan selamat kepada yang telah berhasil, katakanlah, memenangkan kompetisi. Selamat kepada Pak Prabowo Subianto dan Pak Gibran Rakabuming atas ditetapkannya sebagai pemenang Pilpres," kata Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.
 

PBNU juga mengucapkan selamat kepada partai-partai yang memenangkan kursi di DPR dan para anggota DPD yang disebutnya mendapatkan kepercayaan dari rakyat mengampu posisi tersebut.

Terkait isu sengketa hasil Pemilu 2024, Gus Yahya mengajak masyarakat untuk mencari jalan keluar dengan tenang.

"Supaya kita bisa menyelesaikan Pemilu ini sekaligus kita bisa menangani masalah-masalah masyarakat yang tadi saya sebut, yaitu masyarakat yang sekarang ini sedang terdampak bencana yang cukup serius," katanya. 

Baca juga: 38 provinsi telah selesai direkapitulasi oleh KPU RI

Dia meminta agar semua isu terkait Pemilu 2024 diselesaikan dengan jalur seharusnya, yaitu melewati jalur hukum terkait isu hukum dan prosedur politik kelembagaan untuk urusan politik.

Sebelumnya, KPU pada Rabu (20/3) menetapkan pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memenangkan Pilpres 2024 dengan meraih 96.214.691 suara.

Sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara, sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md mendapatkan 27.040.878 suara.

Adapun total surat suara sah berjumlah 164.227.475 suara.


Baca juga: KPU RI tetapkan PDIP raih suara terbanyak di Pileg DPR
Baca juga: KPU siap hadapi sengketa hasil Pemilu 2024 di MK
Baca juga: Jokowi apresiasi kinerja KPU Pemilu 2024