Pengawasan di pusat perbelanjaan Kota Mataram diperketat jelang Lebaran

id pengawasan lebaran

Pengawasan di pusat perbelanjaan Kota Mataram diperketat jelang Lebaran

Ilustrasi - Kondisi parkiran di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, sampai ke badan jalan sehingga memicu kemacetan arus lalu lintas. (ANTARA/Nirkomala)

Langkah itu untuk mengantisipasi semakin ramai masyarakat kita yang berbelanja menyambut hari kemenangan
Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, mulai memperketat pengawasan di sejumlah pusat perbelanjaan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/2024, guna memastikan keamanan, kenyamanan dan ketertiban masyarakat tetap terjaga.

Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram Lalu Martawang di Mataram, Selasa, mengatakan pengawasan dilakukan bersama tim terpadu Pemerintah Kota Mataram dan jajaran TNI/Polri.

"Langkah itu untuk mengantisipasi semakin ramai masyarakat kita yang berbelanja menyambut hari kemenangan," katanya.

Baca juga: Pemkot Mataram mengawasi pusat perbelanjaan menjelang Idul Fitri

Dikatakan, untuk memaksimalkan pengawasan di lapangan, Pemerintah Kota Mataram juga berkoordinasi dengan Polresta Mataram dengan membentuk tim terpadu yang dikomando oleh Polresta Mataram.

Langkah pengawasan yang dilakukan antara lain menyiapkan posko terpadu pada beberapa titik rawan keramaian seperti di Simpang Empat Karang Jangkong, Lombok Epicentrum Mall (LEM), Simpang Tiga Pasar Kebon Roek, Terminal Mandalika, Bertais dan di Narmada.

Selain melakukan pengawasan terhadap dampak keramaian itu, petugas juga mengantisipasi potensi terjadinya penumpukan kendaraan yang membuat kemacetan.

Baca juga: Pusat perbelanjaan di Kota Mataram ramai jelang Ramadhan

Tim terpadu ini, akan berupaya untuk memberikan pelayanan kepada semua warga yang datang belanja ke Kota Mataram sebab warga yang datang belanja ke pusat-pusat perbelanjaan di Mataram, tidak hanya warga Kota Mataram melainkan juga dari sejumlah kabupaten/kota di daerah ini.

"Warga di Pulau Lombok bahkan di Pulau Sumbawa, akan datang belanja di Kota Mataram dan ini sudah jadi tradisi tahunan," katanya.

Kondisi itu tentu disambut baik oleh Pemerintah Kota Mataram sebab kedatangan warga luar Kota Mataram untuk belanja dapat mendorong peningkatan ekonomi di Kota Mataram.

"Tugas kita menjamin dan mewujudkan keamanan dan kenyamanan setiap warga yang ada di wilayah Mataram," katanya.*