Justin Hubner dimainkan sejak awal pertandingan lawan Yordania

id piala asia u-23,timnas indonsia u-23,shin tae-yong

Justin Hubner dimainkan sejak awal pertandingan lawan Yordania

Foto arsip - Pemain timnas Indonesia U-23 Komang Teguh Trisnanda (kedua dari kanan) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Australia pada pertandingan Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (18/4/2024). ANTARA/HO-PSSI/aa. (Handout PSSI)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia U-23 Shin Tae-yong memainkan bek tengah Justin Hubner sejak awal untuk pertandingan terakhir Grup A Piala Asia U-23 2024 melawan Yordania di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Minggu.
 

Pemain Cerezo Osaka itu terlambat bergabung dengan timnas U-23 karena tenaganya dibutuhkan oleh klub Jepang tersebut.  Hubner baru bergabung dengan rekan-rekannya Kamis pekan ini  dan hanya bermain sebagai  pengganti saat Indonesia menang atas Australia pada hari itu.

Kiper Persebaya Surabaya Ernando Ari kembali dipercaya Shin untuk mengawal gawang Garuda Muda. Di akan dilindungi oleh duo bek tengah, Muhammad Ferarri dan Rizky Ridho, sekaligus bermitra dengan Hubner.

Dua bek sayap yang tampil sejak menit awal saat melawan Australia, yakni Fajar Fathurrahman dan Pratama Arhan,  juga kembali diandalkan Shin untuk beraksi di tepi lapangan.

Posisi tengah dihuni oleh tiga pemain yang merumput di Eropa, yakni Nathan Tjoe-A-on, Ivar Jenner, dan Marselino Ferdinan. Nathan sebenarnya bek kiri, namun ia pun cukup apik saat dimainkan sebagai pemain tengah.

Di lini depan, Shin kembali menurunkan dua pemain alih-alih tiga pemain seperti saat menghadapi Australia.  Pelatih asal Korea Selatan itu tetap mempercayakan dua posisi di depan kepada Witan Sulaeman dan Rafael Struick.

Indonesia menduduki posisi kedua klasemen Grup A dengan koleksi tiga poin.  Seandainya Indonesia mengalahkan Yordania (satu poin), dan Australia menang atas Qatar pada pertandingan yang dimainkan di waktu bersamaan, Indonesia akan lolos ke fase gugur karena pernah mengalahkan Australia.

Baca juga: Stadion Abdullah bin Khalifa Qatar masih nyaman untuk Timnas Indonesia
Baca juga: Tim Jepang dan Korea Selatan U-23 lolos ke perempat final


Sebaliknya jika Indonesia kalah dari Yordania dan saat yang bersamaan Australia menang atas Qatar, maka Indonesia tersingkir dari turnamen ini. Jika Indonesia imbang melawan Yordania dan pertandingan Australia juga imbang melawan Qatar maka Indonesia lolos dari Grup A. 

Qatar sudah memastikan lolos ke putaran selanjutnya setelah mengantungi dua kemenangan.

Susunan pemain kedua tim:

Indonesia:
Ernando Ari, Muhammad Fajar Fathurahman, Muhammad Ferarri, Rizky Ridho, Justin Hubner, Pratama Arhan, Nathan Tjoe-A-on, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Rafael Struick
Pelatih: Shin Tae-yong

Yordania: Ahmad Juaidi, Danial Ahmed Afaneh, Arafat Haj Ibrahim, Mohannad Abu Taha, Aref Haitham, Amer Rasem Jamous, Bashar Adiabat, Sief Addeen Darwish, Aon Abbaas Almaharmeh, Baker Kamal Kalbuneh, Faisal Adel Abushanab
Pelatih: Abdullah Abu Zema