Pelindo Lembar dan Badas berbagi berkah Idul Adha di NTB

id Pelindo Lembar,Hewan Kurban,Idul Adha,Pelabuhan

Pelindo Lembar dan Badas berbagi berkah Idul Adha di NTB

Manajemen PT Pelindo menyerahkan hewan kurban kepada perwakilan masyarakat di sekitar Pelabuhan Lembar Kabupaten Lombok Barat, NTB. (ANTARA/HO-Pelindo)

Lombok Barat (ANTARA) - PT Pelindo Lembar dan Badas, Nusa Tenggara Barat menyalurkan hewan kurban sebagai bagian dari perayaan dan kepedulian social kepada masyarakat pada momen Idul Adha 1445 Hijriah yang akan digelar pada 17 Juni 2024.

PT Pelindo Lembar akan mendistribusikan 3 ekor sapi dan 5 ekor kambing di Pelabuhan Lembar, serta 2 ekor sapi di Pelabuhan Badas. Distribusi akan dimulai sejak H-1 Idul Adha.

Sebagai bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), "Pelindo Berbagi Kurban" telah menjadi tradisi tahunan yang dinantikan. Program tersebut diharapkan tidak hanya membawa manfaat material, tetapi juga spiritual bagi Masaraat sekitar pelabuhan dan para pekerja.

Branch Manager Pelindo Lembar, Kunto Wibisono akan menyerahkan hewan kurban di Kantor Pelindo Lembar untuk masjid-masjid di lini 1 Pelabuhan Lembar.

Untuk penyerahan hewan kurban 5 ekor kambing diberikan ke masing-masing panitia kurban pada lokasi yang berbeda yaitu Masjid Nurul Iman Dusun Pesanggrahan, Masjid Al-Muqaddar Dusun Serumbung, Masjid Babussalam Dusun Lawang Kute, salah satu masjid yang berada di Dusun Labuan Tereng dan Polres Lombok Barat.

Untuk di Pelabuhan Badas, penyerahan hewan kurban 2 ekor sapi secara berturut kepada Masjid Alhidayah, Dusun Labuan Badas Sumbawa dan Masjid Babbusalam Dusun Empan Sumbawa.

Penyerahan hewan kurban kepada masing-masing pengurus masjid di sekitar Pelabuhan Badas, dilakukan oleh Deputy Branch Manager Deni Setiawan.

Program tersebut dianggap sebagai upaya untuk memelihara iman dan taqwa, serta mental dan spiritual umat beriman. Penyerahan kurban di Pelabuhan Lembar akan dilakukan di berbagai lokasi, termasuk Kantor KSOP Lembar dan masjid-masjid di Dusun Lembar dan Teluk Waru.

Semua hewan kurban telah mendapatkan surat keterangan sehat hewan (SKKH) dari dokter hewan, sesuai dengan anjuran pemerintah. Penyembelihan akan dilakukan pada Senin (17/6), usai sholat Idul Adha.

H. Muhammad Ahyar Anshori, salah satu pengurus masjid Baital Muslimin Lembar, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada PT Pelindo atas kepercayaan yang diberikan.

Baca juga: Pelindo Multi Terminal lanjutkan transformasi dan standarisasi di wilayah kerjanya
Baca juga: Bali Maritime Tourism Hub jadi pusat wisata maritim


"Pembagian hewan kurban tersebut tentu akan membawa berkah bagi semua pihak yang terlibat," ujarnya.

Dengan kegiatan social tersebut, PT Pelindo Lembar dan Badas berharap dapat terus mempererat hubungan dengan masyarakat dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan.