Besok, 40 anggota DPRD Mataram terpilih dilantik

id Pelantikan DPRD Kota Mataram,Aggota dewan terpilih,Kota Mataram

Besok, 40 anggota DPRD Mataram terpilih dilantik

Plt Sekretaris Dewan (Sekwa) Kota Mataram H Lalu Martawang. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Plt Sekretaris Dewan (Sekwa) Kota Mataram H Lalu Martawang mengatakan, sebanyak 40 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Mataram terpilih periode 2024-2029 siap dilantik Selasa, 6 Agustus 2024, pada pukul 10.00 Wita. 

"Pelantikan dilaksanakan di Ballroom Hotel Lombok Raya Mataram, dan berbagai persiapan pelantikan saat ini sudah mencapai 90 persen lebih," katanya kepada sejumlah wartawan di Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Senin.

Dikatakan, untuk pin emas dan jas sebanyak 40 anggota dewan terpilih sudah disiapkan dan akan dibagi saat kegiatan gladi bersih hari ini.

Kegiatan pelantikan anggota DPRD terpilih tersebut dilaksanakan oleh Ketua Pengadilan Negeri Mataram, dihadiri oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram beserta istri, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), anggota DPRD terpilih beserta keluarga, anggota DPRD lama, serta para konstituen dengan ketentuan masing-masing anggota tiga orang.

"Jumlah undangan yang kita sebar sekitar 500-750 orang," kata Martawang yang juga menjabat sebagai Asisten I Setda Kota Mataram.

Baca juga: Berikut 40 calon terpilih anggota DPRD Mataram

Kegiatan sidang pelantikan anggota dewan terpilih akan dipimpin oleh unsur pimpinan lama yang diketuai oleh H Didi Sumardi SH, kemudian Plt Sekwan akan membacakan pimpinan sementara.

Sementara menyinggung konsep pelantikan, menurutnya, berbagai proses pelantikan dilaksanakan sesuai dengan regulasi dari Kementerian Dalam Negeri menjadi acuan semua kabupaten/kota se-Indonesia.

Namun demikian, pihaknya akan mengemas kegiatan pelatihan agar memberikan nuansa berbeda dan kekinian yakni dengan menyiapkan spot untuk swafoto dan foto bersama sehingga bisa menjadi momen special yang dapat dibagikan setiap tamu yang hadir dan khususnya para anggota dewan yang dilantik. 

"Selain itu, kita juga pastikan proses pelantikan berjalan lancar dengan pengaturan arus lalu lintas, penyambutan tamu, dan lainnya," katanya.