Mukhtar dijadwalkan dilantik jadi Pj Wali Kota Bima

id Pj Wali Kota Bima,NTB,Kota Bima,Pelantikan Pj Wali Kota Bima

Mukhtar dijadwalkan dilantik jadi Pj Wali Kota Bima

Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Mukhtar Landa. (ANTARA/Kominfotik Kota Bima).

Mataram (ANTARA) - Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Mukhtar Landa direncanakan dilantik menjadi Penjabat Wali Kota Bima menggantikan Mohammad Rum yang mengundurkan diri karena maju sebagai bakal calon wali kota di Pilkada Kota Bima pada 27 November 2024.

Kepala Biro Pemerintahan Setda Pemerintah Provinsi NTB, Lalu Hamdi membenarkan rencana pelantikan Pj Wali Kota Bima yang baru menggantikan Mohammad Rum pada Ahad (11/8).

"Hari ini staf saya masih menunggu Surat Keputusan (SK) di Kemendagri. Semoga hari ini sudah turun SK itu," ujarnya saat dihubungi melalui telepon di Mataram, Jumat.

Saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB tengah mempersiapkan rencana pelantikan Pj Wali Kota Bima yang akan dilaksanakan di Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur NTB. Meski demikian, dirinya masih enggan menyebut siapa nama Pj Wali Kota Bima yang baru pengganti Mohammad Rum.

"Belum tahu, saya belum terima SK-nya," ujarnya singkat.

Diketahui Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB sudah menggelar rapat persiapan pelantikan Penjabat Wali Kota Bima yang dirangkaikan dengan Pelantikan Penjabat Ketua TP-PKK Kota Bima dan Pengukuhan Penjabat Ketua Pembina Posyandu Kota Bima.

Rapat tersebut dipimpin Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi NTB, Fathurrahman bersama beberapa unsur perwakilan dari Biro Pemerintahan, PKK NTB, Biro Adpim, Dinas Kominfotik serta perwakilan unsur dari Pemkot Bima melalui daring.

Pelantikan Pj Wali Kota Bima ini rencananya dilaksanakan pada 11 Agustus di Gedung Graha Bakti Praja Kantor Gubernur NTB.

"Pada rapat ini (secara normatif), semua telah disiapkan, waktu dan tempat, Pj Gubernur dan istri, karena setelah pelantikan Pj Walikota Bima, mesti berkunjung ke IKN, bersama dengan segenap pimpinan daerah se-NTB," kata Fathurrahman.

Dia mengatakan secara informal pihaknya menerima informasi Pj Wali Kota Bima yang akan dilantik adalah Muhtar Landa. Tetapi pihaknya masih harus menunggu SK resmi dari pemerintah pusat.

Pelaksanaan agenda pelantikan Pj Wali Kota Bima yang baru oleh Pj Gubernur NTB, Hassanudin dikarenakan berakhirnya masa bhakti Pj Walikota sebelumnya Mohammad Rum yang mengundurkan diri karena ikut sebagai calon pada pilkada Kota Bima 2024.*