Bupati Lombok Utara Launching Puskesmas ramah anak

id puskesmas ramah anak,upt blud,najmul akhyar ,dinas kesehatan

Bupati Lombok Utara Launching Puskesmas ramah anak

Bupati Lombok Utara DR H Najmul Akhyar SH MH menyampaikan sambutan pada acara launching Puskesmas Ramah Anak UPT BLU Puskesmas Tanjung. Foto Rsd/Humas dan Protokol Setda KLU.

Puskesmas Tanjung merupakan puskesmas dengan kunjungan terbanyak, kurang lebih setiap hari ada 150 kunjungan dan rata-rata membawa anak. Dari situlah filosofi kita bentuk puskesmas ramah anak. Kami juga mendapat bantuan dari Dispora dan Dinas Sosial
Mataram (Antaranews NTB) -Bupati Lombok Utara DR H Najmul Akhyar SH MH melaunching Puskemas Ramah Anak Unit Teknis Badan Layanan Umum Daerah Puskesmas Tanjung.

Humas dan Protokol Setda Kabupaten Lombok Utara (KLU) melalui siaran pers yang diterima di Mataram, Senin, menyebutkan  acara tersebut dihadiri Ketua PKK KLU Hj Rohani Najmul Akhyar, Ketua GOW KLU Nani Triana Cahyani Sarifudin, Kadis Kesehatan Khaerul Anwar MKes, Camat Tanjung Drs Syamsudin, Direktur Bank NTB Cabang Pembantu Tanjung, para kepala OPD KLU serta para dokter dan Perawat Puskesmas Tanjung.

Koordinator Penyelenggara Kadis Kesehatan KLU Khaerul Anwar MKes menyampaikan launching Puskesmas Tanjung sebagai puskesmas ramah anak merupakan satu-satunya  di KLU dan yang Ke Tiga di Provinsi NTB, Di Indonesia dari total Puskesmas yang sudah ada lanjutnya, baru hanya 2,5 persen saja puskesmas yang bisa dikategorikan puskesmas layak anak.

"Puskesmas Tanjung merupakan puskesmas dengan kunjungan terbanyak, kurang lebih setiap hari ada 150 kunjungan dan rata-rata membawa anak. Dari situlah filosofi kita bentuk puskesmas ramah anak. Kami juga mendapat bantuan dari Dispora dan Dinas Sosial yang memberikan bantuan," ujarnya.

Bupati Lombok Utara DR H Najmul Akhyar SH MH didampingi Ketua PKK KLU Hj Rohani Najmul Akhyar menggunting pita sebagai tanda launching Puskesmas Ramah Anak UPT BLU Puskesmas Tanjung. Foto Rsd/Humas dan Protokol Setda KLU.

Ia mengatakan Puskesmas ramah anak adalah sarana layanan kesehatan yang dihajatkan untuk bisa terpenuhinya hak-hak anak. Terdapat pula layanan inisiasi menyusui dini dan layanan Usaha Kesehatan Sekolah.

"Tujuan dari Puskesmas Ramah Anak adalah bagaimana memproteksi anak-anak supaya dampak negatif, bisa ditekan sedini mungkin. Konsep PAUD di RSUD juga sama, sehingga disana ada proses pembelajaran sehingga tidak ikut masuk ke ruangan rumah sakit, supaya anak-anak tak merasa kehilangan hak-hak belajarnya," kata Bupati Lombok Utara DR H Najmul Akhyar SH MH.

"Saya apresiasi untuk Dinas Kesehatan, Dispora dan Dinas Sosial yang telah berkolaborasi dalam proses terwujudnya Puskesmas Ramah Anak ini. Saya berharap kedepan ada puskesmas lain yang mengikutinya," katanya.

Dia mengharapkan petugas kesehatan untuk tetap berkomitmen memberikan layanan yang terbaik, sikap tulus dari hati.

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Lombok Utara DR H Najmul Akhyr SH MH didampingi Sekda KLU, H Suardi, Ketua Tim Penggerak PKK KLU Hj Rohani Najmul Akhyar dan  Ketua GOW KLU Nani Triana Cahyani Sarifudin.(*)