Apliaksi Nubita permudah OPD sampaikan program kerja di Lombok Tengah

id Lombok Tengah ,NTB,Aplikasi Nubita,OPD,Publik

Apliaksi Nubita permudah OPD sampaikan program kerja di Lombok Tengah

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Diskominfo Lombok Tengah Iswandi Khairy Ramen. (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Lombok Tengah (ANTARA) - Pemkab Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) meluncurkan aplikasi nulis berita (Nubita) yang diperuntukkan bagi jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di daerah itu, agar lebih mudah menyampaikan program kerja kepada masyarakat.

"Nubita ini diharapkan mempermudah OPD dalam menyampaikan program-program yang dilakukan," kata Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Diskominfo Lombok Tengah Iswandi Khairy Ramen di Lombok Tengah, Kamis.

Ia mengatakan salah satu fungsi Diskominfo adalah penyebarluasan informasi pembangunan daerah, salah satunya dari Diskominfo sebelumnya sudah memfasilitasi semua OPD untuk pembuatan website.

“Sebenarnya semua OPD sudah kami fasilitasi dalam pembuatan website dengan harapan melalui website itu setiap OPD bisa menyampaikan informasi penting terkait dengan tupoksi OPD sekaligus sebagai media penyebarluasan informasi terhadap kegiatan OPD,” katanya.

Baca juga: Bupati Loteng meminta OPD kolaborasi tangani dampak kemarau

Namun dalam perjalanan, setelah pihaknya melakukan evaluasi ternyata banyak website milik OPD yang tidak dimaksimalkan, terutama dalam hal penyebarluasan informasi terkait dengan kegiatan atau program yang ada di masing- masing OPD itu.

“Padahal setiap OPD ini pasti ada program kegiatan yang dilaksanakan setiap hari, tapi gaung ke masyarakat masih kecil karena tidak terpublikasi dengan baik,” katanya.

Setelah di analisa, salah satu kendala tidak terpublikasi dengan baik karena minim sumber daya manusia (SDM) yang ada di OPD terkait kemampuan untuk membuat informasi atau kegiatan OPD dalam sebuah karya jurnalistik yang bisa dipublikasi di website.

“Kami di Diskominfo berfikir untuk membantu OPD semakin masif menyebarkan informasi kegiatan mereka, maka kami membuat satu inovasi yang kami sebut Nubita,” katanya.

Baca juga: Bupati Loteng minta OPD dukung festival Jelo Nyesek

Nantinya setiap OPD akan dapat menyampaikan kisi-kisi kegiatan harian mereka melalui Nubita yang memenuhi unsur 5W+1H dengan format yang sangat simpel.

“Setelah form diisi melalui nobita, nanti kami di Diskominfo akan mengolah informasi yang ada di form menjadi berita utuh yang layak untuk di publikasikan lewat website Lombok Tengah atau website masing- masing OPD,” katanya

Inovasi Nubita saat ini masih tahap persiapan publikasi dan ditargetkan akan rampung sebelum 20 September mendatang. Setelah semua rampung, akan dibuatkan surat edaran (SE) yang ditandatangani langsung oleh Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri untuk pemanfaatan aplikasi Nubita oleh masing- masing OPD.

"Sehingga ke depan tidak ada lagi kegiatan OPD yang tidak dipublikasi,” katanya.*

Baca juga: NTB menggerakkan OPD untuk gotong royong turunkan angka kasus stunting