Apkasi serahkan bantun untuk korban gempa Lombok

id ketua apkasi,lombok utara,najmul akhyar,bantuan gempa

Apkasi serahkan bantun untuk  korban gempa Lombok

Ketua Apkasi dan sejumlah bupati menyerahkan bantuan untuk korban gempa Lombok diterima Bupati Lombok Utara DR H Najmul Akhyar SH MH. Foto Rsd/Humas dan Protokol Setda KLU.

bantuan tahap kedua dengan rincian bantuan umum yang dihimpun dari masyarakat sebesar Rp500 juta dan bantuan khusus untuk membangun masjid sebsar Rp2,5 miliar.

Mataram (Antaranews NTB) - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) menyerahkan bantuan sebesar Rp3 miliar untuk korban gempa di Kabupaten Lombok Utara yang diterima Bupati Lombok Utara DR H Najmul Akhyar SH MH di Pendopo Menggala.

Humas dan Protokol Setda Kabupaten Lombk Utara (KLU) melalui siaran pers yang diterima di Mataram, Jumat, menyebutkan bantuan tahap kedua dengan rincian bantuan umum yang dihimpun dari masyarakat sebesar Rp500 juta dan bantuan khusus untuk membangun masjid sebsar Rp2,5 miliar.

Hadir dalam cara tersebut   Ketua APKASI Mardani H. Maming, Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolando, Bupati Minahasa Selatan Christiany Euginia Paruntu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Selain, turut hadir pula Bupati Dharmasraya Sutan Riska dan Bupati Jember dr. Hj. Faidah, beserta rombongan
yang diterima di Pendopo Menggala oleh Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH, didampingi Sekda KLU Drs. H. Suardi MH, Kepala Pelaksana BPBD Iwan Maret Asmara, S.Sos beserta pimpinan OPD terkait.

Bupati Lombok Utara DR H Najmul Akhyar SH MH  menyampaikan rasa syukur mendalam dan berterima kasih kepada APKASI beserta pimpinan daerah yang berkenan mengunjungi Lombok Utara.

"Saat ini, kami merasa tidak sendiri dalam menghadapi musibah, karena kehadiran APKASI dan parabupati dapat meringankan beban dalam menghadapi musibah," katanyai.

Sebagaimana realita hingga saat ini, musibah gempa bumi yang terjadi di Lombok Utara mengakibatkan korban jiwa sebanyak 491 orang. Belum termasuk yang masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi dan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten.

Adapun infrastruktur, sebagian besar mengalami kerusakan. Rumah-rumah luluh lantak. Andaipun masih ada yang kokoh, itupun warga belum berani menempatinya. Fasilitas umum berupa kantor dan lainnya ambruk. Semua jajaran OPD Kabupaten LombokUtara, berkantor di tenda tenda dan kontainer.

Sementara itu Ketua APKASI Mardani H. Maming menuturkan besaran bantuan yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Utara lantaran paling parah kerusakannya terdampak gempa.

Ia mengatakan  bantuan umum yang dihimpun dari masyarakat sebesar 500 juta rupiah. Bantuan khusus, nantinya dari pihak manajemen perusahaan pribadi Ketua APKASI, diperuntukkan khusus untuk membangun Masjid sebesar 2,5 milyar.

Bantuan umum yang disampaikan, diperuntukkan kepada bupati Lombok Utara untuk didistribusikan kepada kebutuhan warga yang terdampak gempa. Kegiatan ditutup dengan penyerahan bantuan secara simbolis dari pihak APKASI dan rombongan. Dilanjutkan meninjau langsung, untuk melihat lebih dekat kondisi masyarakat yang terdampak gempa.(*)