Bank Indonesia NTB bersama perbankan luncurkan GPN

id Bank Indonesia,Perbankan NTB,GPN

Bank Indonesia NTB bersama perbankan luncurkan GPN

Peluncuran kartu debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional dengan tajuk acara "GPN sebagai pemersatu transaksi pembayaran nasional" di area Car Free Day Jalan Udayana Mataram, NTB, Minggu (21/10). Foto Antaranews NTB/ist

Kampanye GPN juga diharapkan sebagai salah satu momentum pendorong kebangkitan NTB terutama di sektor perekonomian setelah mengalami bencana gempa bumi
Mataram (Antaranews NTB) - Bank Indonesia bersama seluruh perbankan di Nusa Tenggara Barat secara resmi meluncurkan kartu debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional dengan tajuk acara "GPN sebagai pemersatu transaksi pembayaran nasional" di area Car Free Day Jalan Udayana Mataram, Minggu.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi NTB, Achris Sarwani, menjelaskan tujuan kampanye kartu berlogo GPN adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang kebijakan dan ekosistem GPN.

"Tujuan lainnya adalah meningkatkan akseptasi masyarakat terhadap implementasi kebijakan GPN terutama dalam hal mendorong masyarakat guna memiliki, menerima penggunaan, dan memanfaat kartu ATM/debit dan kanal pembayaran berlogo nasional," katanya.

Bank Indonesia, kata dia, menetapkan kebijakan GPN dalam rangka mewujudkan sistem pembayaran nasional yang lancar, aman, efisien, dan andal.

Secara sederhana, GPN adalah sebuah sistem transaksi pembayaran yang mengkoneksikan berbagai bank, sehingga kartu ATM dan/atau kartu debet suatu bank dapat digunakan di ATM/EDC/instrumen bank lain.

Selain itu, dari sisi keamanan, kartu ATM/debet berlogo GPN sudah dilengkapi dengan teknologi chip sehingga lebih aman dan terhindar dari tindakan "skimming" atau penyalinan data seperti yang terjadi pada kartu berteknologi magnetik.

"Kampanye GPN juga diharapkan sebagai salah satu momentum pendorong kebangkitan NTB terutama di sektor perekonomian setelah mengalami bencana gempa bumi beberapa waktu yang lalu," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur NTB Zulkieflimansyah yang diwakili oleh Sekretaris Daerah NTB H. Rosiady Sayuti, menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia dan seluruh perbankan yang telah berhasil mewujudkan suatu sistem yang mampu memproses seluruh transaksi pembayaran ritel domestik secara interkoneksi dan interoperabilitas dalam GPN.

Sebagai catatan, peluncuran GPN juga dilakukan secara serentak di kota-kota lain di seluruh Indonesia.

Dalam acara peluncuran tersebut, tercatat sekitar 500 penukaran kartu lama ke kartu baru berlogo GPN yang dilakukan oleh nasabah perbankan.

Rangkaian kegiatan kampanye GPN di NTB, berlangsung sampai dengan 2 November 2018. Selanjutnya Bank Indonesia mengharapkan masyarakat NTB sudah mulai menggunakan kartu GPN karena seluruh perbankan telah menyediakan kartu baru berlogo GPN bagi nasabahnya. (*)