FERRY LEMBAR SIAPKAN 18 ARMADA ARUS MUDIK

id

          Mataram, 31/8 (ANTARA) - Manjemen PT Indonesia Ferry (Persero) Cabang Lembar, menyiapkan 18 unit armada untuk melayani arus mudik lebaran yang diperkirakan mulai terjadi dua minggu sebelum Idul Fitri 1430 Hijriah, 21-12 September mendatang.

         "Kami sudah siapkan 18 unit armada untuk melayani arus mudik itu," kata Kepala PT Indonesia Ferry Cabang Lembar, Kaimuddin Maliling, yang dihubungi dari Mataram, Senin.

         Ia menjelaskan, pihaknya mendapat tambahan armada baru sebanyak dua unit masing-masing Kapal Motor Ferry Adi Swadarma dan Sindu Utama, yang melayani rute Lembar-Padangbai.

         Dengan demikian, jumlah armada ferry dengan rute Lembar-Padangbai saat ini telah mencapai 19 unit karena sebelumnya sudah ada 17 unit, termasuk satu unit ferry yang melayani rute Lembar-Padangbai-Nusa Penida.

         Namun, satu unit harus menjalani pemeriksaan rutin sehingga 18 unit yang siap dioperasionalkan untuk melayani penumpang arus mudik.

         "Belasan unit ferry itu beroperasi hampir setiap jam, rata-rata 21 trip dari total 24 trip per hari," ujarnya.

         Maliling mengatakan, aktivitas penyeberangan Lembar-Padangbai biasanya dimulai pukul 06.00 Wita. Sejauh ini, arus mudik belum terlihat karena biasanya lonjakan penumpang dan barang baru terlihat semenjak dua pekan sebelum lebaran.

         "Kalau lonjakan angkutan barang dua minggu sebelum lebaran, berbeda dengan lonjakan penumpang arus mudik yang biasanya ramai tiga atau empat hari menjelang lebaran," ujarnya.(*)