Calon haji Mataram ada yang gagal berangkat

id haji,mataram ,kemenag

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram H Burhanul Islam. (Foto: ANTARA News/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, H Burhanul Islam menyebutkan, seorang calon haji asal Ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat itu dinyatakan gagal berangkat pada musim haji 2019 karena meninggal dunia.

"Calon haji ini meninggal setelah melunasi biaya penyelenggaran ibadah haji (BPIH), sehingga ahli warisnya bisa langsung menggantikan tanpa melalui proses daftar tunggu," katanya kepada sejumlah wartawan di Mataram, Rabu.

Calon haji yang meninggal ini baru diketahui tadi pagi sehingga mengurangi angka riil calon haji yang akan diberangkatkan tahun ini dari 755 orang, kini menjadi 754 orang.

"Karena itu, data-data jelas calon haji yang meninggal ini belum saya tahu persis," katanya seusai mengikuti rapat persiapan keberangkatan haji Kota Mataram tahun 2019 bersama pihak-pihak terkait.

Namun demikian, lanjutnya, meskipun dalam dua tahun terakhir ini pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk penggantian langsung calon haji yang meninggal, tetapi karena berbagai proses tahapan pemberangkatan haji tahun ini sudah rampung maka usulan penggantian kepada ahli waris akan dilakukan untuk kuota tahun depan.

Artinya, apabila ada ahli waris dari calon haji yang meninggal siap menggantikan nomor porsinya, Kemenang akan melakukan usulan dengan catatan BPIH calon haji meninggal tidak ditarik.

"Jadi tahun depan, ahli waris yang siap bisa menggantikan dan berangkat langsung tanpa melalui daftar tunggu," katanya.

Akan tetapi, apabila kesepakatan diantara ahli waris ingin mengambil BPIH maka peluang untuk penggantian secara otomatis ditiadakan, dan kemenang akan mengusulkan pengembalian uang kepada ahli waris.

"Jika ada ahli waris yang akan berangkat setelah pengembalian uang itu, mereka harus tetap melalui proses daftar tunggu seperti calon haji lainnya," katanya.

Lebih jauh menyinggung tentang proses keberangkatan calon haji, Burhanul menyebutkan, sejauh ini persiapan keberangkatan calon haji musim haji 2019 sudah rampung.

"Berbagai persiapan keberangkatan haji tinggal kami rampungkan bersama sejumlah pihak terkait agar proses peberangkatan bisa berjalan lancar," katanya.

Ditambahkannya, sebanyak 754 calon haji Kota Mataram tahun ini terbagi menjadi tiga kelompok terbang (kloter) yakni kloter 3 sebanyak 450 orang yang merupakan kloter utuh, selanjutnya kloter 7 dan kloter 9 menjadi kloter campuran dengan jumlah calon haji 140 di kloter 7 dan 164 di kloter 9.
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar