MENAKERTRANS AKAN CANANGKAN KTM LABANGKA DAN TAMBORA

id


          Mataram, 23/11 (ANTARA) - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar akan mencanangkan Kota Terpadu Mandiri (KTM) Labangka dan Tambora yang dirangkai dengan pencanangan gerakan penanggulangan pengangguran (GPP).

         Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB Bambang MR di Mataram, Senin, mengatakan acara  yang akan berlangsung  Rabu (25/11) itu  dipusatkan di kantor layanan terpadu satu pintu (LTSP) di Jalan Udayana Mataram.

         Ia mengatakan pada acara tersebut Menakertrans akan membuka program "job market fair" yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram di mal Mataram dan menyerahkan 146 peralatan bursa kerja 'online'," katanya.

         Selain itu Menakertrans juga akan menyerahkan dua unit mobil pelatihan untuk Balai Latihan Kerja (BLK) Mataram  dan BLK Selong, Kabupaten Lombok Timur.

         Pada kunjungan kerja perdananya ke NTB, Menakertrans juga dijadwalkan meninjau BLK Mataram di Dasan Cermen serta  Kantor Pos Pelayanan Kepulangan TKI di Bandara Sekaparang Mataram.

         KTM Labangka yang akan dicanangkan Menakertrans tersebut merupakan unit permukiman transmigrasi yang terletak di Kecamatan Labangka, Kabupaten Sumbawa yang ke depan diharapkan menjadi pusat ekonomi baru bagi daerah ini.

         Di KTM Labangka tersedia lahan untuk pusat benih/bibit seluas 250 hektare, serta lahan untuk sarana dan prasarana pusat KTM seluas 150 ha yang terletak di satuan kawasan pengembangan (SKP) Labangka.

         "Sedangkan  untuk areal permukiman transmigrasi tersedia lahan seluas 1.500 hektare di SKP Plambang 2," katanya. (*)