Dubes Meksiko coba mencuri di toko Argentina mundur

id Dubes Meksiko mengundurkan diri,dugaan mencuri buku di toko,Buenos Aires,Argentina

Dubes Meksiko coba mencuri di toko Argentina mundur

Bendera Meksiko (REUTERS/Seth Wenig)

Mexico City (ANTARA) - Duta Besar Meksiko untuk Argentina Ricardo Valero, pada Minggu (22/12) mengundurkan diri atas alasan masalah kesehatan setelah ada dugaan baru kasus pencurian di toko.

Dugaan baru itu muncul setelah sebuah video pada akhir Oktober menunjukkan bahwa Valero mencoba mencuri buku seharga 10 dolar AS (sekitar Rp139 ribu).

Sang dubes awal Desember sudah ditarik oleh Kementerian Luar Negeri Meksiko di tengah dampak insiden 26 Oktober di sebuah toko buku terkenal di Buenos Aires.

Di toko buku itu, Valero terlihat dalam gambar kamera keamanan sedang mengambil buku itu dari rak dan menyembunyikannya di antara halaman surat kabar yang ia kepit di tangannya.

Buku yang coba diselundupkan itu disebut-sebut merupakan biografi Giacomo Casanova, penulis Italia era abad ke-18. Casanova adalah seorang tentara dan mata-mata yang dikenang sebagai seorang petualang yang menawan hati.

Kemlu Meksiko sudah menerima pengunduran diri Valero pada Minggu.

"Ricardo Valero adalah sosok yang hebat, ia sedang menjalani perawatan neurologi dan saya mendoakan semoga beliau cepat sembuh," tulis Menteri Luar Negeri Marcelo Ebrard di Twitter.

Menurut laporan media Argentina, sebuah kemeja diduga akan dicuri dari sebuah toko bebas pajak di bandar udara internasional Buenos Aires pada 10 Desember, hanya dua hari setelah Valero ditarik dari penempatannya sebagai dubes Meksiko.

Sumber: Reuters
 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar