NTB TUAN RUMAH HARI PANGAN SEDUNIA 2010

id


          Mataram, 10/6 (ANTARA) - Provinsi Nusa Tenggara Barat menjadi tuan rumah puncak peringatan ke-30 Hari Pangan Sedunia pada 16 Oktober 2010 yang akan dipusatkan di areal bekas perkebunan kapas Desa Puyung, Kabupaten Lombok Tengah.

       "Saya kemarin mengikuti pleno penentuan lokasi Hari Pangan Sedunia (HPS) tahun 2010 di Jakarta, dan ditetapkan NTB sebagai tuan rumah," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Nusa Tenggara Barat (NTB) H Abdul Malik, di Mataram, Kamis.

         Penetapan NTB sebagai tuan rumah HPS 2010 itu diperkuat dengan Keputusan Menteri Pertanian Ir H Suswono MM. Namun penyelenggaraan HPS itu merupakan kewenangan Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Kementerian Kehutanan.

         Malik mengatakan Pemerintah Provinsi NTB sudah menyatakan kesanggupan sebagai tuan rumah puncak peringatan HPS 2010 yang akan dipusatkan di areal bekas perkebunan kapas di Desa Puyung, Kabupaten Lombok Tengah.

         Di lokasi itu terdapat 73 hektare lahan milik Pemerintah Provinsi NTB yang cukup representatif untuk dipergunakan sebagai lokasi penyelenggaraan puncak peringatan HPS 2010.

         "Di lokasi itu juga bisa dijadikan kebun percontohan atau areal uji coba teknologi tepat guna terkait peringatan HPS," ujarnya.

         Menurut Malik terkait puncak peringatan HPS 2010 itu akan digelar serangkaian kegiatan seperti seminar nasional, aneka perlombaan menu makanan, kegiatan pengabdian masyarakat dan kegiatan lainnya yang ada hubungannya dengan kewaspadaan pangan.

         Selain pejabat dari berbagai kementerian dan lembaga di pusat serta unsur pemerintah daerah dari 33 provinsi, puncak peringatan HPS 2010 di Lombok Tengah itu juga akan dihadiri utusan kedutaan besar sejumlah negara sahabat dan utusan PBB seperti Organisasi Pangan Dunia (FAO).

         Pihak terkait lainnya yang dijadwalkan juga akan menghadiri HPS di NTB itu adalah para  "diplomat tour" karena ada kaitannya dengan kegiatan promosi pariwisata dan potensi daerah lainnya.

         "Tamu yang datang ke NTB bisa mencapai ribuan orang dari berbagai kalangan, sehingga pengelola usaha perhotelan dan restoran juga akan ikut berperan menyukseskan puncak peringatan HPS tersebut," ujarnya.(*)