Kodim 0201/BS mengisi Hari Lahir Pancasila dengan "nobar" film G30/S PKI

id berita sumut,kodim 0201/bs laksanakan, berita medan terkini,peringatan hari pancasila Kodim 0201/BS nobar film G30/S PKI

Kodim 0201/BS mengisi Hari Lahir Pancasila dengan "nobar" film G30/S PKI

Dandim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga menyerahkan bantuan sembako kepada para Veteran pada Hari Kelahiran Pancasila. (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Kodim 0201/BS mengisi Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan acara nonton bareng (nobar) film Pengkhianatan G30/S PKI, dan penyerahan tali asih, serta bantuan sembako kepada veteran asal Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara.

Dandim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga, dalam sambutannya di Medan, Senin, mengatakan kegiatan ini sebagai rasa hormat dan wujud kepedulian terhadap para veteran di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Selain para veteran, acara nobar dengan menerapkan Protokol Kesehatan seperti  menjaga jarak dan pakai masker, juga dihadiri anggota Hipakad Kota Medan, serta segenap personel Kodim 0201/BS.

Kegiatan memperingati Hari Lahir Pancasila kali ini dilakukan dalam ruangan dengan acara sederhana, namun tetap khidmat dan meriah.

"Biasanya, acara peringatan Hari Lahir Pancasila dilakukan dengan upacara. Namun atas petunjuk Komando Atas di tengah pandemi COVID-19, maka acara dilakukan dalam ruangan dengan tetap mengutamakan pelaksanaan Protokol Kesehatan," ujarnya.

Ia menyebutkan acara nobar film G30/S PKI yang biasanya diputar setiap 1 Oktober saat peringatan Hari Kesaktian Pancasila, dan sengaja digelar hari ini sebagai upaya untuk semakin membumikan Pancasila.

Pemutaran film G30/S PKI ini juga mengikuti tema peringatan kali ini, yaitu Pancasila dalam tindakan, Gotong Royong Menuju Indonesia Maju".

Karena hanya Pancasila sajalah yang bisa dan mampu mempersatukan bangsa yang terdiri dari beragama suku dan agama ini dalam satu bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Melalui film ini juga, ia berharap para generasi muda Indonesia bisa lebih menghargai perjuangan para veteran akan terus mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia," jelasnya.

Roy Hansen mengatakan dalam acara ini, baik para veteran, anggota Hipakad Kota Medan, maupun seluruh personel Kodim 0201/BS, juga berkesempatan mendengarkan secara virtual (online) pidato Presiden RI Joko Widodo yang secara lugas menegaskan bahwa Pancasila selamanya akan hidup di bumi Pertiwi Indonesia.

Turut dalam acara tersebut, Pasi Intel Kodim 0201/BS Mayor Czi Andre Prasetya Wibowo, Pasiter Mayor Inf Romi Sembering, serta sejumlah Perwira Staf dan Bintara Kodim 0201/BS.