Basarnas Mataram mencari enam ABK kapal tenggelam

id Basarnas Mataram,Enam ABK,Kapal Tenggelam

Basarnas Mataram mencari enam ABK kapal tenggelam

Seorang personel Basarnas Mataram, NTB, melihat perairan laut menggunakan teropong untuk mengetahui keberadaan enam ABK KLM Sahabat Muslim, yang tenggelam di perairan laut Madura, Jawa Timur, Jumat (24/7). ANTARA/HO/Basarnas Mataram.

Mataram (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Mataram, Nusa Tenggara Barat melakukan upaya pencarian enam anak buah kapal (ABK) KLM Sahabat Muslim yang dilaporkan tenggelam di perairan Pagerungan, Madura, Jawa Timur, Kamis (23/7).

"Kami menerima laporan Syahbandar Bima, tadi pagi bahwa KLM Sahabat Muslim berangkat dari Bima, Kamis (23/7) malam menuju Banjarmasin dan tenggelam di sekitar perairan Pulau Pagerungan, Madura Jawa, Timur," Kepala Basarnas Mataram, Nanang Sigit, di Mataram, Jumat.

Ia mengatakan KLM Sahabat Muslim dilaporkan tenggelam di perairan laut pada titik koordinat 6° 51' 17,71S - 115°54' 15.96"E.

Seluruh ABK kapal tersebut berhasil menyelamatkan diri dengan menggunakan rakit penyelamat dan masing terombang-ambing di tengah laut.

ABK berjumlah enam orang tersebut atas nama Jaidun (nahkoda), Suhaep, Burnai, Istamar, Kamli, Heriyanto.

Menindak lanjuti laporan yang diterima, Basarnas Mataram mengerahkan tim "rescue" menuju lokasi kejadian untuk melakukan pencarian dan evakuasi dengan menggunakan kapal Rescue Boat 220 Mataram yang bertolak dari Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat.

"Berdasarkan informasi terakhir dari salah satu ABK yang berhasil kami hubungi, saat ini posisi mereka masih berada di perairan sebelah utara Pulau Pagerungan. Tim 'rescue' masih dalam perjalanan menuju posisi yang telah ditentukan dengan menempuh jarak sekitar 111, 71 nautical mil," ucap Nanang.

Adapun unsur-unsur SAR yang terlibat membantu upaya pencairan antara lain, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Lembar, dan KSOP Bima.