PLN salurkan bantuan sarana budi daya rumput laut kepada nelayan di KSB

id PLN NTB,Rumput Laut,Desa Kertasari

PLN salurkan bantuan sarana budi daya rumput laut kepada nelayan di KSB

Petani rumput laut di Desa Kertasari, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB. (Foto PLN UIW NTB)

Mataram (ANTARA) - Sebagai bagian dari upaya menangani dampak ekonomi masyarakat pada sektor kelautan dan perikanan akibat pandemi COVID-19, PLN UPK Tambora membantu mengembangkan kelompok petani rumput laut di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat untuk memanfaatkan lingkungan sekitarnya. 

Bantuan tersebut diberikan agar dapat memaksimalkan potensi kekayaaan laut di wilayah Desa Kertasari, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat melalui pengembangan budi daya rumput laut.

Manager PLN UPK Tambora, Ardhi Tirtahadi mengungkapkan program itu merupakan komitmen PLN untuk ikut mendorong kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan di wilayah usaha PLN UPK Tambora. 

Ia berharap bantuan yang diberikan dapat memperkuat kegiatan usaha budi daya rumput laut di Desa Kertasari.

"Rumput laut merupakan satu dari sekian banyak potensi yang dimiliki oleh Provinsi NTB. Kami siap bersinergi dalam memanfaatkan potensi kelautan yang ada. Kami optimis, sektor ini bisa membantu meningkatkan pendapatan sehingga kesejahteraan masyarakat di desa Kertasari, Taliwang ini ikut terdongkrak," jelas Ardhi.

Ia juga menjelaskan bahwa budi daya rumput laut tergolong aktivitas yang ramah lingkungan, karena tidak perlu menggunakan pakan atau pupuk kimia yang dapat menyebabkan pencemaran bahan organik ke perairan.

"Rumput laut ini ramah lingkungan dan merupakan kekayaan alam yang melimpah di perairan Taliwang, tapi belum dimanfaatkan secara optimal oleh nelayan. Selain membuka lapangan kerja, kami juga berharap dapat membantu mengoptimalkan lahan tambak yang tak produktif melalui budi daya rumput laut.” ucap Ardhi.

Ketua Jelompok Petani Rumput Laut Bintang Laut Abdul Muin mengucapkan terima kasih kepada PLN UPK Tambora atas bantuan yang diberikan. 

Ekspresi kegembiraan tak dapat ia tutupi. Ia mengatakan pada masa pendemi COVID-19, pekerjaannya sangat sepi. 

"Dengan adanya bantuan tersebut memudahkan kami dalam kegiatan pengumpulan rumput laut. Alhamdulillah program ini sangat membantu dan dapat menambah pendapatan kami di Desa Kertasari," ucap Abdul Muin.

Sebelumnya, PLN UPK Tambora melaksanakan penyerahan bantuan sarana budi daya rumput laut kepada kelompok petani di Desa Kertasari. Bantuan tersebut diberikan kepada kelompok petani yang diwakilkan oleh Abdul Muin bersama masing-masing kepala dusun. 

Bantuan berupa sarana rumput laut seperti tali nilon untuk pancang penanaman bibit menjadi pilihan setelah melihat kondisi kebutuhan para petani.

Selain perencanaan kebutuhan kepada kelompok petani dan pengurus desa, masukan dari Dinas Perikanan Kabupaten Sumbawa Barat juga menjadi salah satu dasar pemberian bantuan tersebut.

"Kami berharap beberapa tahun mendatang komunitas kami dapat mandiri guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjadi role model pengelolaan rumput laut di Provinsi NTB bahkan Nasional," tutur Abdul Muin.