PHBI: SAMBUT TAHUN BARU JANGAN HURA-HURA

id



          Mataram, 6/12 (ANTARA) - Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Mataram, Nanang Edward, mengimbau umat Islam tidak berhura-hura tapi lebih banyak berzikir dalam menyambut datangnya tahun baru 1 Muharam 1432 Hijriyah.

         "Perbuatan hura-hura merupakan  perbuatan yang mubazir bahkan dapat merugikan diri sendiri," katanya kepada wartawan, di Mataram, Senin.

         Menurut dia, kebiasaan masyarakat menyambut tahun baru, khususnya tahun baru Masehi, dengan berhura-hura merupakan perbuatan yang tidak baik.

         Karena itu, katanya, menyambut datangnya tahun baru sebaiknya dilakukan dengan banyak berzikir dan bedoa seraya mawas diri.

         Lebih lanjut Nanang mengemukakan, menyambut tahun baru hijriyah PHBI Mataram telah menyiapkan acara berzikir dan berdoa bersama bertempat di depan kantor walikota Mataram pada  Senin (6/12) malam. Acara itu rencananya akan dihadiri lebih dari 1.000 jamaah.

         Acara akan dimulai menjelang magrib yang diawali dengan pembacaan surat yasin dilanjutkan dengan salat magrib berjamaah kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa awal dan akhir tahun.

         Setelah pembacaan doa awal tahun diadakan ceramah agama yang akan disampaikan ceramah agama.

          Zikir dan doa bersama menyambut tahun baru Islam tidak hanya dilakukan di depan kantor walikota Mataram, tetapi juga dilaksanakan di masjid-masjid dan musala yang ada di daerah ini yang dipimpin oleh tokoh agama di masing-masing lingkungan.

         "Untuk memeriahkan datangnya tahun baru Islam telah diadakan festival anak saleh yang diikuti sekitar 500 orang mulai dari tingkat taman kanak-kanak, sekolah dasar dan sekolah menengah pertama yang menggelar 12 macam lomba," katanya. (*)