Disnaker mendorong pencari kerja ambil peluang di KEK Mandalika

id kek,mandalika,mataram

Disnaker mendorong pencari kerja ambil peluang di KEK Mandalika

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram Hariadi. ANTARA/Nirkomala

Mataram (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat, mendorong para pencari kerja asal Mataram untuk mengambil peluang di Kawasan Ekonomi Kreatif (KEK) Mandalika, dengan mempersiapkan diri melalui berbagai pelatihan dan keahlian.

"Para pencari kerja di KEK Mandalika harus menyiapkan diri dengan sertifikasi, keahlian sesuai bidangnya, bahasa dan lainnya," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram Hariadi di Mataram, Selasa.

Terkait dengan itu, lanjut Hariadi, untuk mendukung pencari kerja asal Mataram mendapatkan peluang kerja sesuai keahlian dan keterampilannya di KEK Mandalika dan perusahaan lainnya, tahun ini Disnaker akan membuka sejumlah pelatihan vokasi.

Dengan jenis pelatihan antara lain, pelatihan komputer, fotografer, otomotif dan lainnya, dengan harapan para pencari kerja Mataram bisa mengambil peluang sebanyak-banyaknya di KEK Mandalika.

"Untuk target, kita berharap kalau bisa 12.000 orang pengangguran terbuka di Mataram bisa mendapatkan kesempatan kerja," katanya.

Lebih jauh Hariadi mengatakan, pada tahun-tahun sebelumnya Disnaker telah melaksanakan sejumlah pelatihan sebagai salah satu upaya mengurangi angka pengangguran terbuka di kota ini.

Pelatihan yang telah dilakukan salah satunya, memberikan pelatihan keahlian mengemudi kendaraan roda empat. Pasalnya, pelatihan mengemudi di Mataram memiliki peluang cukup bagus apalagi dengan maraknya transportasi online.

"Sebagai kota jasa, keahlian mengemudi sangat dibutuhkan. Karena itulah, dalam dua tahun terakhir ini kami membuka pelatihan tersebut sebagai salah satu program pelatihan kerja di Disnaker," katanya.

Setelah mengikuti pelatihan, tambahnya, peserta ikut ujian SIM A. "Dari evaluasi program pelatihan kerja mengemudi tahun 2019, sekitar 50 persen sudah bekerja," katanya.