Peduli Banjir Hu'u, Kapolres Dompu ditemani Bhayangkari serahkan bantuan untuk korban

id Kapolres Dompu tinjau dan serahkan bantuan untuk korban banjir

Peduli Banjir Hu'u, Kapolres Dompu ditemani Bhayangkari serahkan bantuan untuk korban

Kapolres Dompu tinjau dan serahkan bantuan untuk korban banjir

Kapolres Dompu tinjau dan serahkan bantuan untuk korban banjir

Dompu (ANTARA) - Kapolres Dompu, AKBP Syarief Hidayat SIK ditemani istri yang juga Ketua Bhayangkari Dompu, Susi Syarief Hidayat meninjau lokasi banjir di tiga desa Kecamatan Hu'u sekaligus menyerahkan bantuan untuk warga yang terdampak cukup parah, Minggu (28/2/2021) sekira pukul 16.00 Wita.

Kehadiran Kapolres bersama istri beserta rombongan disambut hangat oleh Camat Hu'u, Muhtar SSos dan langsung menuju lokasi tepatnya di Desa Daha dan Desa Marada dengan membawa bantuan berupa Beras sebanyak 300 kilogram, Mie Instan sebanyak 100 dus serta air mineral sebanyak 100 dus.

Pada kesempatan itu, Kapolres menyampaikan keperihatinan dan duka yang mendalam atas musibah banjir yang datang secara tiba-tiba menimpa pemukiman warga, yang berakibat ratusan rumah mengalami kerusakan cukup parah.

Kapolres juga mengimbau warga agar tidak larut dalam kesedihan mengingat musibah itu merupakan bentuk ujian dari Yang Maha Kuasa, Allah SWT. 

Menurut Kapolres, bisa jadi musibah itu merupakan teguran khususnya warga yang terdampak agar bisa melakukan introspeksi massal atas apa yang terjadi. 

Sebelumnya, Kapolres juga telah mengerahkan tenaga dari anggota personilnya untuk turun membantu warga membereskan barang-barang yang tersisa, serta turut memperbaiki bangunan-bangunan yang runtuh akibat terjangan banjir nahas itu. 

Dikabarkan pula, setidaknya ada ratusan rumah di tiga desa, yakni Desa Daha, Desa Rasa Bou dan Desa Marada, Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu, dengan kondisi kerusakan cukup parah. 

Desa Daha misalnya, setidaknya 36  rumah hanyut, sisanya sebanyak 443 rumah mengalami kerusakan berat, sedang dan ringan. Dilaporkan juga, pagar Masjid Miftahul Jannah roboh dan mengalami kerusakan berat. 

Di samping itu, satu mobil Pick Up, 15 sepeda motor, 6 ekor sapi, 5 ekor kerbau dan puluhan ternak kambing dan lainnya dikabarkan hanyut terbawa arus banjir. Belum lagi lahan seluas 50 hektar tidak luput dari terjangan banjir, akibatnya tanaman terancam gagal panen. 

Sementara di Desa Rasabou, meski tidak terlalu parah dibandingkan di Desa Daha, setidaknya ada lima rumah rusak berat. 

Begitu juga di Desa Marada, juga sebanyak 9 rumah dilaporkan mengalami Rusak Berat, dua rumah hanyut terbawa banjir.

Setelah menyerahkan bantuan kepada warga, Kapolres kemudian melakukan penggalangan terhadap warga bersama Bupati Dompu, Kader Jaelani dan Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan. Giat penggalangan berjalan aman dan kondusif.

 

Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar