RSUD Mataram akan membuka layanan vaksin COVID-19 lansia di mal

id vaksin,mol,lansia

RSUD Mataram akan membuka layanan vaksin COVID-19 lansia di mal

Ilustrasi: Kegiatan skrining vaksinasi COVID-19 untuk lanjut usia (lansia) di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, akan membuka pelayanan vaksinasi COVID-19 untuk kalangan lanjut usia di mal, sebagai upaya mempercepat capaian target vaksinasi sebanyak 13.366 lansia.

"Dalam minggu ini, kami akan membuka pelayanan vaksin COVID-19 untuk lanjut usia (lansia) di Lombok Epicentrum Mall, sebagai salah satu inovasi mempercepat capaian target," kata Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram dr H Lalu Herman Mahaputra di Mataram, Senin.

Dengan demikian, lanjutnya, setiap lansia yang datang ke mal akan diarahkan ke stan yang akan disiapkan pada salah satu sudut di Lombok Epicentrum Mall di Jalan Sriwijaya Mataram.

"Karena itu, kami segera berkoordinasi dengan pihak mal sembari menyiapkan petugas dan berbagai peralatan yang dibutuhkan," katanya.

Pelayanan vaksinasi di mal, katanya, tetap dilaksanakan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) pelayanan vaksin COVID-19 lansia, dengan para petugas kesehatan dan vaksinator yang sudah terlatih.

Tahapan untuk mendapatkan vaksin COVID-19, tetap melalui pendaftaran sesuai kartu tanda penduduk (KTP) dan harus lolos skrining agar vaksin yang diberikan kepada lansia bisa membentuk antibodi secara maksimal.

"Kita juga tetap melakukan observasi terhadap lansia yang sudah divaksin selama 30 menit," katanya.

Di sisi lain terkait dengan kesiapan dosis vaksin lansia, pihaknya mengaku sejauh ini tidak ada masalah. Untuk mendapatkan vaksin COVID-19, RSUD Mataram berkoordinasi langsung dengan Dinas Kesehatan Provinsi NTB.

"Untuk vaksin tidak ada masalah, pihak Pemprov siap mendistribusikan kita sesuai kebutuhan," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar