Arsenal kembali ke jalur kemenangan saat membungkam Newcastle

id liga inggris,arsenal,newcastle,mohamed elneny,pierre emerick aubameyang

Arsenal kembali ke jalur kemenangan saat membungkam Newcastle

Penyerang sekaligus kapten Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang (kiri) mencetak gol kedua timnya ke gawang Newcastle United dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion St. James' Park, Newcastle, Inggris, Minggu (2/5/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Lindsey Parnaby)

Jakarta (ANTARA) - Arsenal kembali ke jalur kemenangan saat membungkam Newcastle United 2-0 dalam laga pekan ke-34 Liga Inggris di Stadion St. James' Park, Minggu.

Gol-gol Mohamed Elneny dan Pierre-Emerick Aubameyang tak mampu dibalas oleh Newcastle yang di pengujung laga harus menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain lantara Fabian Schaar diganjar kartu merah.

Arsenal, yang meraih kemenangan pertamanya dalam tiga pertandingan terakhir, naik ke posisi kesembilan klasemen dengan koleksi 49 poin menyalip Aston Villa (48) dan Leeds United (47).

Sedangkan Newcastle (36) harus rela tertahan di urutan ke-17 atau bibir jurang degradasi setelah disalip oleh Brighton & Hove Albion (37) kemarin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Belum genap lima menit pertandingan berjalan, Arsenal mampu membuka keunggulan atas tuan rumah ketika Elneny sigap menyambar bola liar hasil sambutan tak sempurna Aubameyang atas umpan silang kiriman Hector Bellerin.

Newcastle nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-18 melalui tembakan Allan Saint-Maximin yang sempat membentur Granit Xhaka, tetapi bola yang melambung bisa diantisipasi sempurna oleh kiper Mathew Ryan yang menepisnya ke atas mistar gawang.

Arsenal berusaha menggandakan keunggulan mereka tetapi tembakan voli Xhaka mampu ditepis kiper Martin Dubravka ke atas mistar gawang dan bola sundulan Elneny bisa disapu oleh Miguel Almiron sebelum melewati garis gawang.

Keunggulan Arsenal yang bertahan hingga turun minum akhirnya bisa digandakan pada menit ke-66 melalui sambutan cermat Aubameyang atas umpan silang cantik kiriman Gabriel Martinelli demi membuat skor jadi 2-0.

Gol itu membuat Aubameyang sukses menjebol gawang Newcastle dalam lima pertandingan beruntun di semua kompetisi, hanya kalah tajam dari Olivier Giroud yang mencetak gol untuk Arsenal dalam enam pertandingan berturut-turut kontra Aston Villa pada 2013 hingga 2016.

Newcastle masih berusaha membalas dan pada menit ke-80 Jonjo Shelvey melepaskan tembakan yang sepertinya akan akurat mengarah ke gawang, hanya untuk dihadang oleh Calum Chambers yang pasang badan menghalaunya.

Tepat pada menit ke-90, situasi semakin tidak menguntungkan bagi Newcastle ketika mereka harus kehilangan Schaar yang diganjar kartu merah langsung karena menjegal Martinelli dari belakang dan Arsenal cukup nyaman untuk menjaga skor 2-0 bertahan hingga peluit bubaran.

Di pertandingan selanjutnya, Newcastle akan melawat ke Stadion King Power menghadapi Leicester City pada Jumat (7/5) pekan depan, dua hari sebelum Arsenal menjamu West Bromwich Albion di Emirates.

Namun, Arsenal terlebih dulu bakal melakoni leg kedua semifinal Liga Europa melawan Villarreal di Emirates pada Kamis (6/5) dalam upaya membalikkan defisit agregat 1-2.
 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar