Korea Utara uji rudal jelajah jarak jauh

id Korea Utara,rudal,nuklirisasi

Korea Utara uji rudal jelajah jarak jauh

Arsip-Rudal antarbenua jarak menengah Korea Utara, KN-08, tampak dalam parade militer ANTARA/Reuters/businessinsider.co.id.

Seoul (ANTARA) - Korea Utara melakukan uji coba rudal jelajah jarak jauh yang sukses selama akhir pekan, media pemerintahnya, KCNA, mengatakan pada Senin, di tengah kebuntuan yang berlarut-larut dengan Amerika Serikat mengenai denuklirisasi.

Rudal-rudal itu terbang 1.500 km sebelum mengenai sasarannya dan jatuh ke perairan wilayah negara itu, selama tes yang diadakan pada Sabtu (11/9) dan Minggu (12/9), kata KCNA.

Pengembangan rudal-rudal itu memberikan "arti strategis untuk memiliki sarana pencegahan lain yang efektif untuk menjamin keamanan negara kami dan secara kuat menahan manuver militer pasukan musuh," kata KCNA.

Korea Utara yang tertutup telah lama, menuduh Amerika Serikat dan Korea Selatan menjalankan "kebijakan bermusuhan" terhadap Pyongyang.

Pembicaraan yang bertujuan untuk membongkar program nuklir dan rudal balistik Korea Utara dengan imbalan keringanan sanksi AS telah terhenti sejak 2019.

Sumber: Reuters