Poltekpar Lombok melatih SDM pengelola homestay di Tetebatu

id NTB,Poltekpar Lombok,Homestay,Tetebatu,Lombok Timur,Lombok,Poltekpar Lombok latih SDM pengelola homestay,latih SDM penge

Poltekpar Lombok melatih SDM pengelola homestay di Tetebatu

Pelatihan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dari Poltekpar Lombok kepada para pengelola homestay di Desa Wisata Tetebatu, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB). (ANTARA/Poltekpar Lombok/dok).

Mataram (ANTARA) - Para pengelola homestay di Desa Wisata Tetebatu, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, mendapatkan pelatihan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dari Poltekpar Lombok.

Direktur Poltekpar Lombok, Herry Rachmat Widjaya, Rabu menyampaikan, Poltekpar Lombok sebagai institusi pendidikan vokasi dibawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memiliki kewajiban untuk melaksanakan fungsi Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

"Pengabdian merupakan program rutin yang laksanakan oleh dosen Poltekpar Lombok. Saat ini program pengabdian yang dilakukan di Desa Wisata Tetebatu ini sebagai bentuk dukungan Poltekpar Lombok dalam pengembangan kualitas SDM khususnya bagi pengelola homestay," ujarnya dalam keterangan tertulis diterima wartawan di Mataram.

Herry menjelaskan, memilih Tetebatu karena Tetebatu masuk nominasi Desa Wisata terbaik di ajang UNWTO, sehingga perlu terus dibimbing.

"Mudah-mudahan pelatihan ini akan mampu meningkatkan penilaian nantinya," ucapnya.

Poltekpar Lombok, lanjutnya, melakukan pengabdian kepada masyarakat untuk turut serta membangun pariwisata daerah dengan memperkuat SDM.

Selain di Desa Tetebatu, Poltekpar juga melakukan pembinaan di Desa Bonjeruk Lombok Tengah, Desa Sesaot Lombok Barat, Senaru Lombok Utara dan desa penyangga KEK Mandalika mengenai pengelolaan Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta).

Herry menambahkan, pengabdian kepada masyarakat ini dengan 5 materi praktik yaitu, prosedur penyiapan kamar homestay, pengolahan makanan dan penerapan hygienis, sanitasi pada pengolahan makanan. Kemudian efektivitas pelayanan dan penyajian makanan, penggunaan Bahasa Inggris dasar dalam pelayanan tamu homestay dan teknik fotografi dasar.

"Peserta dalam kegiatan ini sebanyak 30 orang terdiri dari perwakilan tiga desa yaitu Desa Tetebatu, Desa Tetebatu Selatan dan Desa Kembang Kuning," tegasnya.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi menegaskan, pemerintah provinsi siap berkolaborasi dan bersinergi dengan beberapa stakeholder dalam pengembangan pariwisata khususnya desa wisata di NTB salah satunya dengan Poltekpar Lombok.

"Apalagi saat ini kita sama-sama ketahui bahwa desa wisata Tetebatu sedang mengikuti perlombaan yang diselenggarakan oleh UNWTO. Kita berharap dengan adanya pelatihan SDM seperti ini mampu meningkatkan kualitas SDM dan juga sebagai salah satu penilaian dari UNWTO, berharap Desa Wisata bisa keluar sebagai juara," katanya.