Ratusan nelayan di Lotim diberikan sertifikat tanah

id Sertifikat

Ratusan nelayan di Lotim diberikan sertifikat tanah

Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy (ANTARA/Humas Pemkab Lombok Timur)

Selong, Lombok Timur (ANTARA) - Bupati Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat HM Sukiman Azmy menyerahkan ratusan sertifikat dalam program Sertifikasi Hak Atas Tanah (SeHat) Nelayan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

"Sertifikat yang diserahkan itu sebanyak 300 dari program tahun 2022 yang dimulai sejak 2021," kata HM Sukiman Azmy saat acara penyerahan sertifikat di Desa Batu Nampar, Kecamatan Jerowaru dikutip melalui keterangan tertulisnya, Rabu.

Program SeHat sebagai hasil kerja sama harmonis Pemerintah daerah, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) .

Oleh karena itu, bupati berharap kepada para nelayan memanfaatkan sertifikat tersebut secara optimal, termasuk untuk mendukung pendidikan anak-anak di kawasan tersebut. Pemerintah pusat sedang intens untuk mensertifikatkan tanah milik masyarakat melalui program tersebut.

"Melalui kegiatan lintas sektor tersebut diharapkan bisa mempercepat pendaftaran tanah untuk mendukung program pemberdayaan masyarakat," katanya.

Sementara Kepala Dinas ‎Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lombok Timur, M. Zainuddin menyampaikan program sertifikat kepada nelayan tersebut dimulai sejak 2021 dan di 2022 ini Lombok Timur mendapatkan jatah sekitar 300 sertifikat.

Program ini menjadi kebijakan dari pemerintah untuk membantu masyarakat, karena sertifikat tanah penting dimiliki setiap pemilik tanah karena merupakan tanda bukti hukum atas tanah yang dimiliki.

"Kita akan terus perjuangan program ini untuk kesejahteraan masyarakat nelayan," katanya.*