Vaksin BUMN percepat penanganan COVID-19

id Vaksin BUMN

Vaksin BUMN percepat penanganan COVID-19

Virolog dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Dr. Daniel Joko Wahyono MBiomed. ANTARA/Wuryanti Puspitasari.

Jakarta (ANTARA) - Virolog dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Dr. Daniel Joko Wahyono MBiomed mengatakan vaksin BUMN diharapkan dapat mendukung percepatan penanganan COVID-19 di Tanah Air.

"Pada prinsipnya vaksin COVID-19 jenis apapun, termasuk vaksin BUMN dapat digunakan untuk penanganan penyakit COVID-19 dan mendukung upaya penanganan pandemi," katanya ketika dihubungi dari Jakarta, Sabtu.

Menurut dia kapasitas produksi vaksin BUMN yang cukup besar diharapkan dapat meningkatkan capaian vaksinasi khususnya dosis penguat atau "booster" dan untuk anak-anak usia di atas 11 tahun. Daniel Joko berharap vaksin BUMN nantinya akan mempercepat laju vaksinasi di Tanah Air dengan distribusi yang merata hingga ke pelosok.

Baca juga: Vaksin BUMN khusus untuk anak dan vaksin penguatan

Dosen Fakultas Biologi Unsoed yang mengajar mata kuliah virologi itu mengatakan vaksinasi COVID-19 menjadi salah satu upaya penanganan pandemi. Bagaimanapun juga, kata dia penggunaan masker masih sangat bermanfaat sebagai tindakan preventif untuk mencegah berbagai penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) akibat virus lainnya yang cukup serius.

"Masker masih sangat bermanfaat mencegah berbagai penyakit baik pada anak-anak dan orang tua, serta bagi mereka yang kekebalan tubuhnya lemah," katanya.