EU amankan 54.000 dosis tambahan vaksin cacar monyet

id EU, cacar monyet

EU amankan 54.000 dosis  tambahan vaksin cacar monyet

Kepala Institut Mikrobiologi Angkatan Bersenjata Jerman menjalankan penelitian di laboratoriumnya di Munich, Jerman, Jumat (20/5/2022), setelah kasus pertama cacar monyet terdeteksi di Jerman. ANTARA/REUTERS/Christine Uyanik/tm

Brussels (ANTARA) - Komisi Eropa mengatakan pada Senin bahwa pihaknya telah memastikan pembelian sekitar 54.000 dosis tambahan vaksin cacar monyet yang dikembangkan oleh perusahaan biotek Bavarian Nordic.

Kepastian itu didapat ketika kekhawatiran atas penyakit tersebut meningkat di tengah lonjakan kasus. Kesepakatan pasokan itu dilakukan setelah kontrak awal yang ditandatangani pada Juni, saat Uni Eropa memesan sekitar 110.000 dosis vaksin Bavarian Nordic.

"Saya prihatin dengan meningkatnya jumlah kasus cacar monyet di EU," kata komisaris kesehatan EU Stella Kyriakide.  Ia menambahkan bahwa sekarang ada lebih dari 7.000 kasus yang dilaporkan di EU. Angka itu menunjukkan peningkatan hampir 50 persen dari minggu lalu.

Baca juga: WHO dalami temuan virus cacar monyet pada cairan sperma
Baca juga: Irlandia konfirmasi kasus pertama kasus cacar monyet


Di bawah pesanan awal, EU sejauh ini telah mengirimkan sekitar 25.000 dosis ke enam negara anggota, kata komisi itu dalam sebuah pernyataan. Vaksin dikirim ke negara-negara yang diprioritaskan berdasarkan kebutuhan dan jumlah kasus. Norwegia dan Islandia juga berhak menerima vaksin cacar monyet, selain 27 negara Uni Eropa.

Sumber: Reuters