Bold Riders Sumbawa-Bima serempak bagikan daging kurban di kawasan Basecamp

id KITA Berbagi,Community Bonto,Daging Kurban,Sumbawa

Bold Riders Sumbawa-Bima serempak bagikan daging kurban di kawasan Basecamp

Komunitas anak motor Bold Riders Sumbawa dan Bima, berbagi daging hewan kurban. (ANTARA/HO-KITA Berbagi)

Mataram (ANTARA) - Komunitas anak motor yang tergabung dalam Bold Riders Sumbawa dan Bima, Nusa Tenggara Barat secara serempak membagikan daging kurban di seputaran basecamp masing-masing. Hal ini dilakukan sebagai upaya keberadaan anak motor juga memberikan manfaat kepada lingkungan sekitar.

Koordinator acara Edoardo Freitas mengatakan, selain anak motor, ada juga komunitas karang taruna Super Community Bonto yang turut berkolaborasi dalam kegiatan bertema kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) Berbagi 2022. 

Program KITA Berbagi 2022 ini serentak dilaksanakan di 87 kabupaten Kota di Indonesia Timur. KITA Berbagi tahun ini ada 637 ekor sapi dan kambing yang dibagikan ke masyarakat.

"Kegiatan ini diikuti oleh ratusan komunitas di kawasan Indonesia timur, untuk wilayah Sumbawa Besar ada enam komunitas yang terlibat dengan lima kambing. Komunitas di Sumbawa Besar yang terlibat ini adalah Super Community Bonto, Sumbawa Motor Club, ARMC, PAKSA HOBY, HSFCI Bima dan Vixion Rider Bima," kata Edoardo Freitas selaku penanggung jawab acara di Sumbawa Besar, Kamis (21/7).

Mereka membagikan ke lingkungan terdekat dari basecamp masing-masing. Hal ini dilakukan selain memprioritaskan yang dekat, juga untuk mempererat silaturahmi dengan warga sekitar basecamp komunitas berada.

"Kita membagikan daging kurban dengan menggunakan wadah daun pisang, di sini jumlah pohon pisang banyak. Jadi selain ramah lingkungan juga lebih mudah mencari bahannya," ujarnya.

Kegiatan KITA Berbagi ini memasuki tahun ketiga. Sebelumnya pada tahun 2020 dan 2021, Program KITA Berbagi telah mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas berbagai pencapainnya. Pada tahun 2021 lalu, Komunitas KITA meraih rekor MURI untuk kategori jumlah pembagian paket kurban terbanyak dengan total 13.398 paket kurban.

Tahun ini, kolaborasi berbagai komunitas ini juga akan kembali membuat rekor baru yakni membagikan hewan kurban dengan menggunakan wadah ramah lingkungan (nonplastik sekali pakai) terbanyak di Indonesia.

Data awal sudah ada 10.583 paket daging kurban yang dibagikan dengan wadah ramah lingkungan seperti besek, daun jati, daun pisang dan wadah ramah lingkungan lainnya. Data ini adalah jumlah sementara dan diperkirakan akan terus bertambah dalam sepekan kedepan.