Puncak Hari Sumpah Pemuda tahun 2022 dipusatkan di IKN

id Sumpah Pemuda,Menpora,IKN,Ibu Kota Negara

Puncak Hari Sumpah Pemuda tahun 2022 dipusatkan di IKN

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amalia dalam peluncurkan Bulan Pemuda di Kantor Kemenpora, Jakarta, Senin (10/10/2022). (ANTARA/Shofi Ayudiana)

Jakarta (ANTARA) - Puncak Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 akan dipusatkan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada 28 Oktober mendatang.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dalam peluncuran Bulan Pemuda di Kantor Kemenpora, Jakarta, Senin, mengatakan bahwa IKN dipilih sebagai lokasi pelaksanaan Hari Puncak Sumpah Pemuda untuk mengingatkan kembali sejarah masa lalu terbentuknya Indonesia.

Ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di wilayah IKN, yakni kemah nasional pemuda Indonesia, kirab pemuda dari Kabupaten Kutai Kartanegara ke Tititk Nol IKN, hingga upacara dan hari puncak Sumpah Pemuda.

“Kegiatan ini dilakukan di IKN, itu ada sejarah yang ingin diingatkan. Ada perjalanan (Kirab) dari Kutai Kartanegara ke IKN. Kita tahu bahwa Kutai adalah kerajaan pertama kita di Indonesia. Kami ingin supaya kita sama-sama bertekad selalu menyegarkan perasaan sebangsa dan se-Tanah Air,” ujar Zainudin.

“Tidak boleh peringatan (Sumpah Pemuda) itu hanya seremonial. Jadi harus ada sesuatu yang bermakna yang membuat kita ingat bagaimana sejarah kita dulu yang berbeda-beda namun sekarang menjadi satu,” katanya menambahkan.

Baca juga: PT PP kembangkan proyek "Smart City" IKN
Baca juga: Pememerrintah Kabupaten Penajam tutup sementara Titik Nol IKN


Logo peringatan Hari Sumpah Pemuda telah diluncurkan hasil dari pemenang sayembara logo yang digelar Kemenpora.

Deputi Bidang Kepemudaan Kemenpora yang juga Ketua Pelaksana Nasional Hari Sumpah Pemuda Asrorun Ni’am menuturkan logo angka 94 itu mencerminkan komitmen persatuan bangsa yang multikultural, jiwa kepemudaan yang semangat tegas serta keyakinan untuk selalu adaptif dalam segala perubahan.

“Ini adalah sebuah refleksi dari nilai kebhinekaan yang mempersatukan keanekaragaman bangsa untuk mencetak pemuda yang berkontribusi guna bersatu membangun bangsa,” kata Asrorun.

Ada 19 kegiatan yang akan digelar dalam rangka bulan pemuda 2022, di antaranya sayembara logo, apresiasi wirausaha muda berprestasi, pekan kreativitas pemuda Indonesia, pelatihan kepemimpinan muda nasional, apresiasi pemuda berprestasi internasional dan pemuda difabel tingkat nasional.

Selain itu, ada juga kegiatan apresiasi pemuda pelopor nasional, Olimpiade pemuda Indonesia, TikTok challenge sumpah pemuda, senam nasional aerobik, kemah nasional pemuda Indonesia di titik nol, kirab pemuda, dan puncaknya hari Sumpah Pemuda yang dipusatkan di titik nol IKN.