Dinas Sosial Mataram mengecek sarana penanganan dampak bencana

id mitigasi bencana mataram,sarana penanggulangan bencana,dampak bencana

Dinas Sosial Mataram mengecek sarana penanganan dampak bencana

Tagana melakukan simulasi untuk mengecek fungsi mobil dapur umum di kawasan Jalan RA Kartini, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jumat (21/10-2022). (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Sosial Kota Mataram di Provinsi Nusa Tenggara Barat mengecek sarana penanganan dampak bencana untuk memastikan semua siap digunakan jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

"Alhamdulillah, setelah kita cek semua peralatan kebencanaan kita semua dalam kondisi siap pakai. Termasuk perahu karet yang kita parkir di Pantai Banjar," kata Kepala Dinas Sosial Kota Mataram Sudirman di Mataram, Jumat.

Sarana pendukung penanganan dampak bencana milik Dinas Sosial meliputi mobil dapur umum, tangki air bersih dengan kapasitas 5.000 liter, perahu karet, dan dua kendaraan roda empat.

Sudirman mengatakan bahwa pengecekan fungsi mobil dapur umum dilakukan dengan melakukan simulasi.

Dalam simulasi itu, Taruna Siaga Bencana (Tagana) menggunakan mobil dapur umum untuk memasak makanan bagi sekitar 20 petugas Dinas Lingkungan Hidup yang sudah dua hari bekerja memangkas dahan dan batang pohon yang rawan tumbang di kawasan Jalan RA Kartini.

"Sebagai ucapan terima kasih kepada petugas, kita sarapan bersama dengan petugas DLH, Tagana, dan Satgas sosial," kata Sudirman.

Ia mengatakan bahwa Dinas Sosial Kota Mataram punya 56 personel penanggulangan bencana yang terdiri atas 14 anggota Tagana dan 42 anggota Satuan Tugas Sosial.

"Mereka sudah memiliki tugas masing-masing dalam upaya kesiapsiagaan bencana alam, non-alam, serta masalah-masalah sosial," katanya.

Sudirman mengatakan bahwa Dinas Sosial juga sudah menyiapkan bahan pangan dan barang-barang kebutuhan dasar untuk penanganan dampak bencana.

"Kami sudah siapkan paket sembako berupa beras, minyak, sarden, air mineral, tikar, terpal, dan kebutuhan dasar lainnya. Jadi kalau ada bencana, paket sembako tinggal kita distribusi," katanya.