Soundtuari musik festival ajang promosi wisata Gili Air Lombok

id Lombok Utara ,NTB,Gili Air ,Festival musik

Soundtuari musik festival ajang promosi wisata Gili Air Lombok

Bupati Lombok Utara, Provinsi NTB Djohan Sjamsu (Tengah) saat membuka rapat koordinasi persiapan ajangdi Gili Air, Jumat (13/09/2024) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Lombok Utara)

Mataram (ANTARA) - Bupati Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Djohan Sjamsu mengatakan pelaksanaan Soundtuari Musik Festival bisa menjadi salah satu ajang yang dapat memperkenalkan Gili Air sebagai destinasi wisata unggulan.

"Kegiatan ini bisa menjadi ajang promosi, tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga internasional," kata Djohan Sjamsu di Lombok Utara, Jumat, pada rapat persiapan kegiatan yang akan digelar di Gili Air, Kecamatan Pemenang. 

"Festival ini merupakan kesempatan untuk menampilkan pesona Gili Air dan memperkenalkan keindahan alam serta kekayaan budaya Lombok Utara kepada dunia," katanya.

Baca juga: Festival musik indie digelar di Lombok Tengah pada 5-31 Agustus 2024

Soundtuari Musik Festival akan diadakan pada tanggal 1-3 November 2024 dengan mengusung tema " Eco-Friendly Music Festival 2024" dan diproyeksikan menjadi salah satu acara musik terbesar di wilayah Lombok Utara, dengan mengusung konsep festival musik di tengah keindahan alam Gili Air.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menarik ribuan pengunjung baik wisatawan domestik maupun mancanegara," katanya.

Bupati juga menekankan pentingnya persiapan yang matang, terutama dari segi keamanan dan kenyamanan para pengunjung.

"Semua pihak harus memastikan bahwa semua aspek teknis, mulai dari transportasi, akomodasi, hingga keselamatan, berjalan dengan lancar agar festival ini sukses dan meninggalkan kesan positif bagi para wisatawan," katanya.

Baca juga: Grup band Tulus bawa puluhan ribu penonton Prambanan Jazz Festival

Selain pertunjukan musik, festival ini juga akan menampilkan berbagai kegiatan seni dan budaya, serta stan UMKM lokal untuk memperkenalkan produk-produk unggulan Lombok Utara.

"Kegiatan ini tidak hanya berdampak positif pada sektor pariwisata, tetapi juga pada perekonomian masyarakat lokal," katanya.

Rapat koordinasi tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan, termasuk langkah-langkah konkret untuk meningkatkan promosi festival dan koordinasi antar-instansi terkait guna memastikan kelancaran acara.

Panitia penyelenggara menyatakan komitmennya untuk menghadirkan festival yang tidak hanya meriah, tetapi juga ramah lingkungan dengan menerapkan konsep ramah lingkungan.

Dengan dukungan penuh dari pemerintah daerah dan seluruh stakeholder, Soundtuari Musik Festival diharapkan menjadi ajang tahunan yang dapat memperkuat posisi Lombok Utara sebagai destinasi wisata kelas dunia.

Baca juga: Musisi Pulau Lombok Ary Juliyant tampil di Festival Musik Ziro India