Kemenkes mendukung peningkatan pelayanan kesehatan di Lombok Tengah

id Ambulans ,Kemenkes,Lombok Tengah

Kemenkes mendukung peningkatan pelayanan kesehatan di Lombok Tengah

Mobil ambulans bantuan dari DAK Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memberikan enam mobil ambulans untuk mendukung peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

"Bantuan mobil ambulans dari pemerintah ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah, Suardi usai acara peringatan hari kesehatan nasional (HKN) ke 58 di 2022 di halaman kantor bupati setempat, Sabtu.

Enam unit mobil ambulans itu diberikan untuk pelayanan di Puskesmas Sengkol, Kopang, Muncan, Truai, Darek dan puskesmas Langko. Sedangkan untuk peningkatan fasilitas pelayanan kesehatan ambulans untuk puskesmas lainnya dilakukan secara bertahap, karena keterbatasan anggaran.

"Total anggaran yang diberikan pemerintah pusat itu Rp 3,6 miliar untuk pembelian enam ambulans," katanya.

Dengan adanya bantuan ini diharapkan bisa mempercepat dan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Semua puskesmas di Lombok Tengah sudah memiliki mobil ambulans, hanya saja perlu ada penambahan, karena kondisi ambulans yang ada kurang optimal.

"Tahun depan kita usulkan 18 unit mobil ambulans melalui dana alokasi khusus (DAK) kepada pemerintah pusat," katanya.

Penyerahan bantuan mobil ambulans itu dilakukan oleh Bupati Lombok Tengah, Pathul Bahri pada acara peringatan hari kesehatan nasional di halaman kantor bupati setempat.

"Semoga dengan adanya bantuan ini, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal," katanya.

Ia mengatakan, fasilitas pelayanan kesehatan dasar ini penting untuk ditingkatkan, sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal. Selain itu, pihaknya berharap kepada para petugas tenaga kesehatan (Nakes) untuk terus meningkatkan sinergitas dan pelayanan kepada masyarakat.

"Kita imbau supaya para nakes bisa meningkatkan pelayanan kesehatan," katanya.