Dinsosdukcapil NTB fokus distribusi air bersih ke Jerowaru - Lombok Timur

id Dinsosdukcapil NTB fokus distribusi air bersih ke Jerowaru

Dinsosdukcapil NTB fokus distribusi air bersih ke Jerowaru - Lombok Timur

Dinsosdukcapil Provinsi NTB fokus mendistribusikan bantuan air bersih untuk lokasi permukiman di Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, NTB, yang mengalami kesulitan akibat bencana kekeringan. (Kesulitan Air Bersih akibat kekeringan)

"Kalau lokasi lain diasumsikan sudah ditanggulangi pemerintah kabupaten setempat yang telah didukung truk tangki masing-masing," kata Kepala Dinsosdukcapil Provinsi NTB Bachrudin.
Mataram (Antara Mataram) - Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinsosdukcapil) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) fokus mendistribusikan air bersih untuk lokasi permukiman penduduk yang mengalami kesulitan akibat dilanda bencana kekeringan, di Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

"Kalau lokasi lain diasumsikan sudah ditanggulangi pemerintah kabupaten setempat yang telah didukung truk tangki masing-masing," kata Kepala Dinsosdukcapil Provinsi NTB Bachrudin, di Mataram, Kamis.

Ia mengatakan, sebelumnya Dinsosdukcapil NTB mendistribusikan bantuan air bersih untuk semua lokasi permukiman di Pulau Lombok, yang dilanda kekeringan.

Lokasi permukiman yang "langganan" kesulitan air bersih, seperti lima desa di Kecamatan Jerowaru, dan Desa Prigi, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur, dan beberapa desa di Kabupaten Lombok Tengah, dan sejumlah desa di Kabupaten Lombok Utara..

Warga di desa itu mengandalkan air sumur untuk kebutuhan air bersih, sehingga akan mengalami kesulitan ketika curah hujan makin berkurang.

Cadangan air bersih yang mereka andalkan jika sumur penduduk kering, hanya bersumber dari embung-embung skala kecil, yang juga mengering jika kemarau panjang.

Kini, setiap kabupaten di Pulau Lombok sudah memiliki dua sampai tiga unit truk tangki air, sehingga bantuan distribusi air dari provinsi, difokuskan pada lokasi yang tingkat kekeringannya cukup parah.

Selain itu, anggaran pendistribusian air bersih yang bersumber dari APBN setiap tahun anggaran dan dulunya disalurkan melalui Pemeirntah Provinsi NTB, kini dialokasikan langsung ke kabupaten.

"Jadi, kami fokus ke Jerowaru Lombok Timur, karena selain jauh dari pusat ibukota provinsi, juga di wilayah itu dampak kekeringannya cukup parah," ujarnya.

Menurut Bachrudin, pihaknya mengoperasikan tiga unit truk tangki yang dimiliki untuk mendistribusikan air bersih ke berbagai desa di Jerowaru.

Pihaknya pun cukup intensif berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten, terutama di daerah yang tingkat kesulitan air bersih cukup luas.

"Selain Jerowaru, kalau pemerintah kabupaten kewalahan, segera bersurat ke pemerintah provinsi, dan kami akan tindaklanjuti sesegera mungkin," ujarnya (*)