BLK Komunitas telah terbangun mencapai 3.757 lembaga

id blk komunitas,menaker,ida fauziyah,kementerian ketenagakerjaan,kemnaker

BLK Komunitas telah terbangun mencapai 3.757 lembaga

Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat memberi keterangan pers usai peresmian Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas tahun 2022 dan Festival Kemandirian BLK Komunitas di Pondok Pesantren Manhalul Ma’arif Nahdlatul Ulama Darek, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat (10/2/2023). ANTARA/Desca Lidya Natalia/aa.

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Republik Indonesia menyatakan jumlah Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas yang telah terbangun mencapai 3.757 lembaga yang tersebar di semua provinsi di Indonesia.

"BLK Komunitas yang sudah terbangun sampai dengan 2022 sebanyak 3.757 lembaga," kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat peresmian BLK Komunitas di Desa Darek, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat.

Ia mengatakan klasifikasi terhadap BLK Komunitas dibagi menjadi 3 bagian yakni tumbuh adalah BLK yang telah mendapatkan ijin dan telah mendapatkan pelatihan sejumlah 1.752 BLK. Sedangkan berkembang adalah BLK yang telah mengembang jaring kemitraan sejumlah 876 BLK.

"Mandiri adalah BLK yang telah memproduksi barang dan jasa sejumlah 283 BLK," kata Menaker Ida Fauziyah.

Ia mengatakan setelah menghadapi COVID-19 pertumbuhan ekonomi Indonesia solid di atas 5 persen. Berbagai sektor, termasuk sektor ketenagakerjaan, sudah bangkit. Jika pernah mengalami kelesuan yang dalam kini pasar kerja Indonesia punsudah membaik.

"Salah satu tantangan besar sektor ketenagakerjaan saat ini adalah pasar kerja yang terus berubah," kata Menaker.

Kementerian Ketenagakerjaan terus berinovasi baik dalam teknis pelaksanaan pembangunan BLK komunitas maupun dalam pengembangan kurikulum pelatihan vokasi yang dapat diimplementasikan di BLK Komunitas.

"BLK ini diharapkan bisa menjawab kebutuhan dunia usaha dan industri saat ini," kata Menaker.

Selain itu ia mengharapkan BLK komunitas dapat melakukan pelatihan sesuai dengan potensi wilayah masing-masing, sehingga keluaran BLK Komunitas dapat mendorong minat masyarakat untuk berwirausaha sehingga mampu menurunkan angka kemiskinan.

"Ada 4 program Kementerian Ketenagakerjaan, khususnya di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, yakni program pemagangan, anjungan siap kerja, tenaga kerja mandiri, dan perluasan kesempatan kerja berbasis kawasan," kata Menaker Ida Fauziyah.

Untuk diketahui, BKL Komunitas tersebut diresmikan langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Ma'ruf Amin didampingi Wuri Ma'ruf Amin.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menaker: 3.757 BLK Komunitas telah terbangun hingga tahun 2022