Kemensos menyalurkan bantuan untuk warga terdampak banjir di Lombok Barat

id Lombok Barat,Kecamatan Sekotong,Warga Terdampak Banjir,Bantuan Kemensos

Kemensos menyalurkan bantuan untuk warga terdampak banjir di Lombok Barat

Wakil Bupati Lombok Barat Hj Sumiatun, menyerahkan bantuan kepada warga terdampak banjir di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Rabu (15/2/2023). (ANTARA/Awaludin).

Lombok Barat (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan paket makanan siap saji dan berbagai logistik lainnya yang dibutuhkan oleh warga terdampak banjir di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.  

Bantuan Kemensos tersebut diserahkan oleh Wakil Bupati Lombok Barat Hj Sumiatun, kepada Camat Sekotong Lalu Paridita Utama, di Kabupaten Lombok Barat, Rabu.

Adapun jenis bantuan dari Kemensos berupa makanan siap saji sebanyak 1.200 paket, makanan anak sebanyak 400 paket, kasur 50 lembar, kids ware sebanyak 50 paket dan selimut 200 lembar.  

"Semua bantuan kita serahkan ke Camat Sekotong untuk kemudian disalurkan ke masyarakat melalui desa-desa yang terdampak banjir," kata Wakil Bupati Lombok Barat Hj Sumiatun.

Selain dari Kemensos, ada juga bantuan beras sebanyak 500 kilogram (kg) dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lombok Barat untuk warga terdampak banjir.

Bantuan logistik juga disalurkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Barat yang langsung didistribusikan untuk warga Desa Persiapan Pengantap.

Jenis bantuannya berupa terpal sebanyak 25 lembar, selimut 70 lembar, mi instan 60 dus, air mineral 50 dus, minyak goreng 50 liter, abon 60 bungkus, tikar 50 lembar dan telur sebanyak 3.000 butir.

Pemerintah Kabupaten Lombok Barat juga memberikan bantuan khusus kepada keluarga korban yang meninggal dunia akibat banjir atas nama Sahira, di Dusun Sepi, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong.  

Bantuan yang diserahkan oleh Wakil Bupati Hj Sumiatun berupa beras sebanyak 50 kg, gula pasir 15 kg, teh 10 kotak, abon daging 10 kotak, mi instan 4 dus dan air 10 dus serta uang tunai sebesar Rp2 juta.

"Kehadiran kami ini merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah (pemda) kepada masyarakat, semoga semua merasa senang karena ini juga merupakan kewajiban kami selaku pemda. Kalau ada masyarakat tidak mampu sakit silahkan sampaikan kepada kepala dusun dan kades, insyaAllah pemda siap membantu," ujar Sumiatun.

BPBD Kabupaten Lombok Barat mendata warga terdampak banjir di Desa Sekotong Tengah sebanyak 1.159 kepala keluarga (KK) atau 3600 jiwa, Desa Taman Baru 190 KK atau 570 jiwa, Desa Buwun Mas 250 KK atau 870 jiwa.

Selain itu, Desa Persiapan Pengantap sebanyak 270 KK atau 624 jiwa dan Desa Persiapan Mpol sebanyak 215 KK atau 664 jiwa.

Selanjutnya, di Desa Mekarsari, Kecamatan Gunungsari ada 2 KK atau 10 jiwa. Ada juga di Kecamatan Batulayar, yang tersebar di Desa Seteluk sebanyak 60 KK atau 180 jiwa, dan Desa Persiapan Penanggak sebanyak 7 KK atau 24 jiwa.  

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemensos salurkan bantuan warga terdampak banjir di Lombok Barat