Bagaimana cara pilih popok guna hindari risiko timbulnya ruam pada kulit bayi

id Popok,Popok bayi,Diapers,Pemilihan diapers ,Ruam kulit bayi,Bayi

Bagaimana cara pilih popok guna hindari risiko timbulnya ruam pada kulit bayi

Ilustrasi penggunaan diaper pada bayi (ANTARA/freepik.com)

Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis anak lulusan Universitas Indonesia sekaligus anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr. Ignatia Karina Hartanto, Sp.A menyampaikan bahwa pemilihan popok, diapers, yang tepat dan cara membersihkan yang benar bisa menghindari risiko timbulnya ruam pada kulit bayi.

“Pemilihan diapers itu sebenarnya mempengaruhi (risiko munculnya ruam). Kadang ada yang milih sekali pakai dan ada yang kain. Mana yang paling bagus sebenarnya? Nah, penelitian membuktikan keduanya nggak masalah, asal diganti rutin,” kata Ignatia saat diskusi daring, Selasa malam.

“Jadi mau jenisnya apapun, itu harus rutin diganti. Tapi memang, diapers yang memiliki daya serap lebih tinggi, itu memang menurunkan risiko ruam. Jadi pemilihan diapers tergantung dari daya serapnya. Dan daya serap yang lebih tinggi biasanya dimiliki oleh diapers yang sekali pakai,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Ignatia juga menyampaikan bahwa mengganti diapers secara rutin tidaklah cukup untuk melindungi kulit bayi dari ruam. Para orang tua juga perlu memperhatikan kebersihan saat hendak membersihkan area genital bayi.

Saat membersihkan area genital bayi, Ignatia menyarankan agar tak hanya menggunakan air dan kapas saja. Orang tua juga perlu membersihkan dengan tisu pembersih. Sebab, tisu pembersih biasanya memiliki kandungan sunfaktan atau senyawa yang digunakan dalam produk pembersih misalnya seperti yang terkandung pada sabun.

“Kalau saat dibersihkan, mau dengan air hangat atau air dingin maupun cleansing wipes yang penting dibersihkan. Mana yang bayinya nyaman. Jadi nggak ada lagi sisa-sisa pup dan pipisnya. Karena itu yang bisa mengiritasi si kulit bayinya,” jelasnya.

“Tapi beberapa faktor membuktikan bahwa yang penting adalah ada sunfaktan itu tadi. Karena bekas-bekas poop bayi juga bisa nempel di kulit. Dan itu baru bisa hilang kalau ada paparan sabun yang biasanya di dapat dari cleansing wipes. Kalau hanya dengan air dan kapas, itu juga bisa berisiko munculnya ruam,” tutup Ignatia.

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Popok yang tepat bisa hindari risiko timbulnya ruam pada kulit bayi