Sebanyak 46 UKM ramaikan Bazar UMKM Kemenkeu

id Kemenkeu, Bazar UMKM Kemenkeu di Makassar, DJPb

Sebanyak 46 UKM ramaikan Bazar UMKM Kemenkeu

Pihak Perwakilan Kemenkeu Satu Sulsel pada Bazar UMKM di Makassar, Jumat (10/03/2023). ANTARA Foto/HO-Humas DJPb Perwakilan Sulsel

Makassar (ANTARA) - Sebanyak 46 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) meramaikan Bazar UMKM dalam Program UMKM Kemenkeu Satu Provinsi Sulawesi Selatan di Makassar, Jumat. Mereka terdiri dari 31 UMKM binaan Kemenkeu Satu Sulsel dan 15 UMKM Binaan Perbankan/LKBB/Koperasi. Mereka memenuhi 26 gerai yang telah disediakan secara gratis.

Kepala Kanwil DJPb Sulawesi Selatan Supendi di Makassar, Jumat, mengatakan bazar itu merupakan rangkaian Hari Bakti Perbendaharaan 2023 sebagai wujud kehadiran Kemenkeu di tengah masyarakat. "Banyak kegiatan atau acara dalam Bazar UMKM, di samping pembelian produk-produk UMKM juga terdapat kegiatan edukasi," kata dia.

Edukasi dilaksanakan oleh masing-masing instansi/kantor Kemenkeu, seperti edukasi pelaksanaan pengadaan barang/jasa melalui e-marketplace dan pembayaran melalui digital payment atau cashless. Ada pula edukasi pembiayaan KUR dan UMi bagi UMKM, edukasi pelaksanaan UMKM Go Export, edukasi lelang produk UMKM melalui lelang.go.id, edukasi perpajakan UMKM.
Selain kegiatan edukasi khusus untuk pelaku UMKM, dilaksanakan juga edukasi terkait program beasiswa S1/S2/S3 dari Mata Garuda LPDP Sulawesi Selatan.

Baca juga: Kemenkop UKM dukung Muffest+ 2023
Baca juga: Kemenkop UKM siap kolaborasikan IN2MOTIONFEST-Festival Fesyen Lombok


Tema Program UMKM Kemenkeu Satu untuk tahun 2023 yaitu “Kemenkeu Satu mendukung UMKM tumbuh melalui digitalisasi dan globalisasi menuju Indonesia Maju”. Bazar UMKM di Makassar diikuti dan dihadiri semua instansi/kantor vertikal Kemenkeu di Makassar dan juga diikuti oleh bank penyalur KUR yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, BSI serta Lembaga Keuangan Bukan Bank yang menyalurkan kredit Ultra Mikro (UMi) yaitu PNM dan Pegadaian, dan dihadiri oleh seluruh stakeholder kementerian Keuangan yang berada di Makassar.

"Produk yang ditawarkan dan dijajakan oleh pelaku UMKM di gerai UMKM beragam jenisnya, beberapa produk merupakan produk asli daerah seperti Sirup Sarabba, Mie Baraccung, Roti Maros, dan lainnya," ujarnya.*