Jalan provinsi terputus akibat banjir menerjang tiga desa di Bima

id banjir bima,kabupaten bima,bpbd bima,bima ntb,jalan provinsi terputus

Jalan provinsi terputus akibat banjir menerjang tiga desa di Bima

Warga beramai-ramai mengevakuasi mobil bak terbuka yang terseret banjir di Desa Kananta, Bima, Nusa Tenggara Barat, pada Sabtu (1/4/2023). ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Bima

Mataram (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), mengidentifikasi jalan provinsi antara Rengge Mpu'-So Nae di Kecamatan Tambora terputus akibat banjir yang melanda tiga desa pada Sabtu (1/4) pada pukul 17.40 WITA.

"Jalan provinsi antara Rengge Mpu'-So Nae Desa Kawinda Nae, Kecamatan Tambora, sejak tadi malam dekernya rusak dihantam banjir," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bima Isyra, ketika dihubungi dari Mataram, Minggu.

Ia juga menyebutkan tiga desa yang dilanda banjir yakni Desa Belo, Kecamatan Palibelo, ketinggian genangan banjir mencapai 30 sentimeter (cm) dengan jumlah warga terdampak lima Kepala Keluarga (KK) atau 17 jiwa.

Selanjutnya di Desa Rite, Kecamatan Ambalawi, dengan ketinggian banjir mencapai 75 cm, tidak ada warga terdampak, namun area sawah yang sudah ditanami tergenang dan masih dalam proses pendataan dinas terkait .

Isyra menambahkan Desa Kananta, Kecamatan Soromandi juga dilanda banjir yang menyebabkan satu unit mobil bak terbuka milik warga setempat atas nama Dedy Ismail (37) terseret arus banjir sejauh satu kilometer.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Pemilik mobil bak terbuka berhasil diselamatkan," ujarnya.