Puluhan kafilah pawai takbiran di Kota Mataram sudah mulai daftar

id Takbiran di Kota Mataram,Takbiran Lebaran di Mataram,takbiran,Kota Mataram

Puluhan kafilah pawai takbiran di Kota Mataram sudah mulai daftar

Antusias Remaja Masjid Riyadhus Sholihin Dasan Agung, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, mempersiapkan miniatur masjid yang akan bawa dalam Pawai Takbiran menyambut 1 Syawal 1444 Hijriah. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Puluhan kafilah pawai takbiran dalam rangka menyambut 1 Syawal 1444 Hijriah di Kecamatan Sepalarang, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, sudah mulai mendaftar untuk berpartisipasi menyambut hari kemenangan.

"Sampai hari ini, jumlah kafilah yang sudah mendaftarkan diri untuk meramaikan malam takbiran sebanyak 48 kafilah yang tersebar di semua kelurahan di Kecamatan Selaparang," kata Camat Selaparang Kota Mataram Zulkarwin di Mataram, Kamis.

Tingginya antusias masyarakat mengikuti pawai takbiran itu, karena tahun ini menjadi tahun pertama masyarakat bisa pawai takbiran tanpa ada pembatasan seperti tahun lalu karena PPKM COVID-19 masih berlaku.

Menurutnya, tahun ini, peserta pawai takbiran tidak saja dari kelurahan melainkan juga dari tingkat pelajar yaitu SMP Negeri 2 Mataram satu kafilah. Dalam pelaksanaan pawai takbiran ini, masing-masing kafilah diminta untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama pelaksanaan.

"Peserta tidak boleh bawa petasan, kembang api dengan daya ledak tinggi, dan sejenisnya. Tapi nanti kita sifatnya himbauan saja untuk tidak membawa petasan dan barang-barang berbahaya," katanya.

Zulkarwin memprediksi jumlah massa yang akan ikut terlibat dalam pawai takbiran di Kecamatan Selaparang mencapai sekitar 10.000 orang.

Karenanya, masing-masing kelurahan dan petugas keamanan diminta ikut membantu menjaga keamanan dan ketertiban mulai dari titik kumpul hingga kegiatan pawai selesai digelar