Wilayah NTB diprakirakan hujan di akhir pekan

id Hujan di NTB,BMKG

Wilayah NTB diprakirakan hujan di akhir pekan

Payung warga saat hujan turun di wilayah Lombok Tengah, NTB (ANTARA/Akhyar)

Mataram (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi  dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang di wilayah Nusa Tenggara Barat selama akhir pekan ini.

"Waspada potensi cuaca hujan mulai 8-10 April 2023," kata Prakirawan BMKG Zaenudin Abdul Majid Lombok Gede Dedy Krisnawan dalam keterangan tertulisnya di Praya, Sabtu.

BMKG menyatakan pada hari Sabtu potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur.

Selain itu, potensi hujan juga terjadi di wilayah Kabupaten Sumbawa, Sumbawa Barat, Kota Bima, Kabupaten Bima, dan Dompu.

Pada Minggu (9/4),  potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur.

Selain itu, potensi hujan juga terjadi di wilayah Kabupaten Sumbawa, Sumbawa Barat, Kota Bima, Kabupaten Bima, dan Dompu

Pada Senin (10/4), potensi hujan terjadi di wilayah Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, dan Kabupaten Dompu.

"Potensi hujan terjadi mulai siang hingga sore hari," katanya.

Dengan adanya potensi hujan sedang hingga lebat tersebut, warga diimbau tetap waspada terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang.

"Waspada cuaca ekstrem yang masih terjadi saat ini," katanya.