Hasil survei SMRC: atribut sosialisasi Prabowo dan Anies banyak di masyarakat bawah

id Hasil survei SMRC,Atribut Prabowo Subianto,Atribut Anies Baswedan,Atribut Ganjar Pranowo,Pemilu 2024

Hasil survei SMRC: atribut sosialisasi Prabowo dan Anies banyak di masyarakat bawah

Tangkapan layar Pendiri SMRC Saiful Mujani dalam episode 'Pertarungan Capres di Masyarakat Bawah', Kamis (18/5/2023). (ANTARA/Narda Margaretha Sinambela)

Jakarta (ANTARA) -
Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menemukan bahwa atribut sosialisasi Prabowo Subianto dan Anies Baswedan paling banyak terpasang di masyarakat kelas bawah.
 
"Kami lihat pertarungan yang sengit itu di lapisan bawah, seperti pedesaan, orang kurang berpendidikan, tidak punya akses ke media sosial dan sebagainya itu terutama terjadi antara Pak Prabowo dan Anies Baswedan," ujar Pendiri SMRC Saiful Mujani dalam episode 'Pertarungan Capres di Masyarakat Bawah', Kamis.

Ia mengungkapkan di antara para bakal calon presiden (capres), Prabowo sudah menjangkau sampai ke pedalaman. Demikian pula dengan Anies yang sudah relatif dikenal oleh masyarakat secara luas, bukan hanya di pulau Jawa dan perkotaan, tapi juga di luar pulau Jawa dan perdesaan.

Hal ini berbanding terbalik pada Ganjar Pranowo, tokoh ini masih kurang dikenal di daerah-daerah luar Jawa, terutama di wilayah Indonesia Timur pada masyarakat lapisan bawah. Ganjar dikenal pada kalangan menengah atas, namun kurang dikenal di kalangan lapisan bawah.

Untuk itu, pertarungan yang terjadi di masyarakat lapisan bawah terjadi secara sengit antara Prabowo dan Anies. Sementara Ganjar masih kurang terlibat dalam pertarungan di lapisan masyarakat bawah karena belum begitu tahu.
 
Saiful menjelaskan bahwa masyarakat lapisan bawah adalah masyarakat yang relatif kurang berpendidikan, sosial ekonomi lebih rendah, pendapatan rendah, blue colar atau kerah biru dari jenis pekerjaan, buruh tani, buruh bangunan, dan sebagainya. Banyak di antara mereka tinggal di perdesaan. "Di Indonesia, mereka banyak tinggal di luar pulau Jawa," katanya.

Lalu, ia menuturkan masyarakat pada lapisan bawah mengenal tokoh-tokoh tersebut melalui atribut luar ruang, seperti spanduk, baliho, billboard, poster, bendera, dan sebagainya. Ia menilai hal tersebut lumrah terjadi di setiap pemilu di mana atribut luar ruang peserta pemilu ada di pelbagai tempat.

Dalam survei SMRC pada April 2023, para pewawancara diminta mengamati keberadaan atribut sosialisasi secara langsung dalam perjalanan menuju lokasi survei. Ada empat bakal capres yang atributnya diamati, yaitu Anies, Airlangga Hartarto, Ganjar, dan Prabowo.

Pewawancara juga diminta mengamati apakah di rumah responden terdapat atribut sosialisasi bakal calon presiden. Atribut luar ruang yang paling banyak ditemukan adalah atribut sosialisasi Prabowo 63 persen. Atribut terbanyak kedua Anies 62 persen, selanjutnya Ganjar 58 persen, dan Airlangga 22 persen.

Saiful menyatakan bahwa keterkenalan dan dukungan pada calon bukan berdasar pada ingatan atau memori lama, tapi karena memang sudah dilakukan sosialisasi. “Prabowo bukan dikenal hanya karena dia pernah kampanye dalam tiga kali pemilu, tapi (sekarang) sudah ada kampanye yang dilakukan,” ucap dia.

Pada masyarakat lapisan bawah, lanjut Saiful, medium sosialisasinya adalah atribut luar ruang karena mereka tidak banyak mengakses media. Mereka tahu bahwa tokoh-tokoh itu akan maju sebagai calon presiden melalui atribut luar ruang yang telah terpasang.

Saiful juga menyinggung tentang elektabilitas Airlangga yang belum kompetitif sejauh ini. Dia melihat ini ada hubungannya dengan kerja sosialisasi timnya yang belum terlihat di masyarakat. Itu terbukti dari atribut luar ruang Airlangga yang relatif sedikit dibanding Prabowo, Anies, dan Ganjar.

Saiful mengatakan masifnya sosialisasi Prabowo dan Anies menjelaskan mengapa terjadi pertarungan suara antara Prabowo dan Anies pada masyarakat lapisan bawah. Mereka sejauh ini paling menonjol melakukan sosialisasi pada masyarakat lapisan bawah yang memang paling mungkin dijangkau melalui atribut sosialisasi. “Keunggulan Prabowo di perdesaan adalah keunggulan atribut,” tambah Saiful.