Satu calon haji kloter pertama Embarkasi Lombok tertunda keberangkatan

id Jemaah Haji NTB ,Haji NTB,Embarkasi Lombok,Kloter pertama Embarkasi Lombok,Kemenag NTB

Satu calon haji kloter pertama Embarkasi Lombok tertunda keberangkatan

Sejumlah tim medis melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap jemaah calon haji kloter pertama Embarkasi Lombok dari Kabupaten Lombok Timur di Asrama Haji Nusa Tenggara Barat (NTB) di Mataram, Selasa (6/6/2023). (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Satu orang calon jamaah haji kloter pertama Embarkasi Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), harus ditunda keberangkatannya ke Tanah Suci, Arab Saudi, karena sakit.

"Ada satu orang calon jamaah haji atas nama Suparman, usia 71 tahun, kloter pertama dari Kabupaten Lombok Timur, menurut tim kesehatan tidak bisa diberangkatkan ke Arab Saudi," kata Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) NTB Zamroni Aziz di Mataram, Selasa.

Meski demikian, lanjut dia, tidak mempengaruhi jumlah kelompok terbang yang mencapai 388 calon jamaah haji reguler, karena Suparman diganti oleh jamaah calon haji lainnya yang juga berasal dari Kabupaten Lombok Timur.

Namun demikian, kata Zamroni Azis, jika nantinya Suparman pulih maka akan diterbangkan ke Tanah Suci Arab Saudi bergabung dengan kloter lainnya.

"Kami sudah antisipasi untuk penggantinya atas nama Ahmad Dahlan dari Lombok Timur. Nantinya jamaah kita (Suparman) yang tertunda keberangkatannya karena belum ada rekomendasi kesehatan dari tim medis, akan kita berangkat dalam kloter berikutnya," kata Zamroni.

Pihaknya menanti rekomendasi tim medis terkait Suparman, sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci . Ia menegaskan Suparman hanya tertunda keberangkatan sambil menunggu rekomendasi kesehatannya.