ANTARA NTB menggelar Samalas Fest 2023 di kaki Gunung Rinjani

id Samalas Fest 2023,Gunung Rinjani ,Antara NTB,Rinjani Color Run 2023,Sembalun,Lombok Timur

ANTARA NTB menggelar Samalas Fest 2023 di kaki Gunung Rinjani

Logo Samalas Fest 2023 (ANTARA/HO-Panitia Samalas Fest)

adalah Rinjani Color Run, Segara Anak Musik Fest, dan Sembahulun Budaya
Mataram (ANTARA) - Perum LKBN ANTARA Biro Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar Samalas Fest 2023 dengan memadukan budaya, musik, dan olahraga wisata di kaki Gunung Rinjani di Sembalun, Kabupaten Lombok Timur pada 26-27 Agustus 2023.

"Rangkaian kegiatan ajang ini adalah Rinjani Color Run, Segara Anak Musik Fest, dan Sembahulun Budaya," kata Kepala LKBN ANTARA Biro NTB Riza Fahriza seusai rapat koordinasi bersama panitia kegiatan itu di Mataram, Jumat.

Ia mengatakan Rinjani Color Run 2023 menjadi rangkaian Samalas Fest 2023, mengulang keberhasilan ajang Rinjani Color Run 2022 di Sembalun, kaki Gunung Rinjani pada Agustus 2022.

Ia mengatakan musik menjadi bagian yang terkoneksi dari suatu kegiatan karena bisa sebagai magnet dalam meningkatkan kunjungan wisatawan.

Oleh karena itu, ujar dia, dalam ajang ini mengangkat para musisi daerah dan nasional untuk menyuarakan keindahan kaki Rinjani kepada dunia.

Ia juga mengatakan bahwa tradisi budaya merupakan urat nadi kehidupan di kawasan Rinjani karena sebagai identitas masyarakat Lombok khususnya, yang harus dijaga dan dilestarikan untuk dipromosikan kepada wisatawan.

"Rinjani Color Run ini menjadi puncak ajang Samalas Fest 2023," katanya.

Ia menjelaskan Samalas Fest diambil dari sejarah Gunung Samalas yang meletus pada 1257 dan menyimpan banyak cerita serta misteri. Letusan gunung tersebut memberikan dampak luar biasa bagi kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, katanya, cerita di balik letusan menyebar luas ke dunia karena meninggalkan jejak Segara Anak sebagai kisah masa lampau dan memberikan kesuburan tanah hingga saat ini.