Kota Mataram punya stok 1.000 dosis vaksin PMK persiapan Idul Adha

id stok vaksin PMK Mataram,Vaksin PMK Mataram,PMK di Mataram,Idul Adha

Kota Mataram punya stok 1.000 dosis vaksin PMK persiapan Idul Adha

Ilustrasi - Peternak sapi di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi

Mataram (ANTARA) - Dinas Pertanian Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, memiliki stok 1.000 dosis vaksin PMK (penyakit mulut dan kuku) untuk persiapan kegiatan vaksinasi ternak terutama sapi menjelang Idul Adha 1444 Hijriah.

"Sebanyak 1.000 dosis vaksin PKM itu merupakan bantuan dari pemerintah pusat, untuk kegiatan vaksinasi ternak di Mataram dan yang datang dari luar kota menjelang Idul Adha 2023," kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian (Distan) Kota Mataram drh H Dijan Riyatmoko di Mataram, Selasa.

Dikatakan, untuk kegiatan vaksinasi PMK di Kota Mataram terutama untuk ternak sapi ditargetkan 1.256 ekor.

"Dari target itu, yang sudah mendapat vaksin PMK dosis pertama sebanyak 918 ekor atau 63 persen sedangkan yang tahap kedua 768 ekor sapi," katanya.

Menurutnya, belum tercapainya 100 persen vaksinasi baik tahap pertama maupun kedua karena adanya peternak yang menjual sapi mereka sebelum divaksin pertama atau kedua, dan kendala lainnya sapi masih di bawah umur.

"Untuk anak sapi, kita baru bisa memberikan vaksinasi PMK mulai usia 3 bulan ke atas," katanya.

Sementara terkait dengan antisipasi virus PMK menjelang Idul Adha 1444 Hijriah, kegiatan vaksinasi dilakukan dengan menyasar ternak terutama sapi yang didatangkan dari luar kota dan belum divaksin.

Pasalnya, sapi-sapi yang didatangkan dari luar kota oleh para pengepul hewan kurban ada yang sudah divaksin tapi tidak memiliki dokumen dan ada yang memang belum divaksin.