Bupati mengharapkan Program TMMD akselerasi pembangunan di Lombok Tengah

id TMMD di Lombok Tengah ,Bupati Lombok Tengah ,Warga Lombok Tengah,TMMD

Bupati mengharapkan Program TMMD akselerasi pembangunan di Lombok Tengah

Acara foto bersama saat pembukaan TMMD di Lapangan Kelurahan Jontlak, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Rabu (12/7/2023) (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Pathul Bahri, mengharapkan Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) 2023 dapat meningkatkan akselerasi pembangunan dan menyelesaikan persoalan masyarakat.

"Program TMMD ke-117 ini dilaksanakan selama 30 hari di wilayah Lombok Tengah," katanya saat membuka acara TMMD di Lapangan Kelurahan Jontlak, Praya, Rabu.

Program TMMD ini merupakan program lintas sektoral yang melibatkan anggota TNI sebagai bentuk nyata menyelesaikan persoalan dan kebutuhan masyarakat, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Ini diharapkan bisa mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat di Lombok Tengah khususnya," kata Bupati Pathul Bahri.

Ia mengatakan Program TMMD  juga memiliki tujuan untuk menggerakkan ekonomi masyarakat yang sempat terhenti akibat pandemi COVID-19.

Kegiatan TMMD yang dilaksanakan pada 2023 meliputi perbaikan jalan, pembukaan jalan baru, pembangunan jembatan, fasilitas umum, dan kegiatan fisik lainnya. Selain itu ada kegiatan nonfisik berupa penyuluhan dan edukasi untuk meningkatkan sumber daya manusia.

"Program yang dilaksanakan dapat menggerakkan geliat ekonomi masyarakat, juga bertujuan meningkatkan SDM di Lombok Tengah," katanya.

Oleh karena itu ia berharap semua pihak baik pemerintah desa maupun masyarakat bisa bersinergi dengan Tim Satgas TMMD yang telah dibentuk, sehingga program ini bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Melalui kegiatan ini, lanjutnya, semangat gotong royong harus terus dibangkitkan dan ditingkatkan, sehingga bisa mendukung kebutuhan masyarakat di Lombok Tengah.

"Masyarakat harus bersinergi dengan Satgas TMMD agar program yang direncanakan bisa dilaksanakan dengan baik," katanya.

Sementara itu Komandan Korem (Danrem) 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti mengatakan Program TTMD ini tidak hanya dilaksanakan di Lombok Tengah, namun secara serentak se-Indonesia untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Untuk Lombok Tengah dilaksanakan di tujuh desa yakni Desa Batuyale, Sepakek, Jango, Praya, Mujur, Labulia dan Pengadang. "Program ini untuk menggerakkan ekonomi masyarakat," katanya.