KKN Unram ajar penanaman tanaman holtikultura di Sumbawa Barat

id Unram,Universitas Mataram,KKN Unram,KKN PMD Unram,Sumbawa Barat

KKN Unram ajar penanaman tanaman holtikultura di Sumbawa Barat

Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat Desa (KKN-PMD) Universitas Mataram mengajarkan penanaman tanaman hortikultura di pekarangan rumah warga Desa Banjar, Taliwang, Sumbawa Barat.

Mataram (ANTARA) - Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat Desa (KKN-PMD) Universitas Mataram mengajarkan penanaman tanaman hortikultura di pekarangan rumah warga Desa Banjar, Taliwang, Sumbawa Barat.

Dalam siaran pers yang diterima ANTARA NTB, Selasa, kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk peduli mahasiswa KKN dengan berpartisipasi dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga.

Serta menekan tingkat pengeluaran rumah tangga. Di samping itu menanam di pekarangan dapat memberikan daya tarik dan estetika rumah warga dan membuktikan adanya kepedulian mahasiswa dan masyarakat terhadap lingkungan, kata M Agit Misya, Ketua KKN-PMD Unram di Desa Banjar.

Dijelaskan, sosialisasi dan pelatihan penyemaian bibit dilaksanakan pada Senin, 17 Juli 2023 di halaman Posko KKN Desa Banjar. Acara tersebut dihadiri langsung oleh ibu-ibu PKK dan warga sekitar.

Dilanjutkan dengan pembekalan materi tentang peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk penyemaian bibit, Kemudian praktik lansung dibawah bimbingan mahasiswa KKN desa Banjar dari proses awal sampai akhir.

Produk tanaman yang dihasilkan dibagikan kepada warga untuk ditanam di halaman rumah masing-masing. "Maka dengan itu, acara ini sangat diharapkan mampu menginspirasi masyarakat untuk lebih giat dan kreatif dalam memanfaatkan pekarangan rumah untuk memenuhi kebutuhan pangan harian dan sekaligus sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan," katanya.

"Kegiatan ini kami harapkan agar bisa benar-benar menjadi pemantik awal agar warga kami memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk mengurangi pengeluaran belanja dapur dan bisa digunakan untuk pendidikan anak-anaknya," kata Kades Banjar, Ahmad Suiryo.