KKN Unram demonstrasi pembuatan pupuk dari limbah rumah tangga di Desa Selat Lobar

id Unram,Universitas Mataram,KKN Unram,Pupuk Organik Cair,POC,Lombok Barat

KKN Unram demonstrasi pembuatan pupuk dari limbah rumah tangga di Desa Selat Lobar

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mataram (Unram) melakukan demonstrasi pembuatan pupuk organik cair (POC) di Dusun Montong Daye, Desa Selat, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

Mataram (ANTARA) - Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mataram (Unram) melakukan demonstrasi pembuatan pupuk organik cair (POC) di Dusun Montong Daye, Desa Selat, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

Demonstrasi tersebut dihadiri langsung oleh Lalu Muzhab AMd dari Balai Benih Induk Pertanian (BBIP), perwakilan Perangkat Desa, Perwakilan Kelompok Tani, serta masyarakat kelompok tani di Desa Selat, khususnya Dusun Montong Daye.

Dari siaran pers yang diterima ANTARA NTB, Kamis, masyarakat dapat membuat POC yang berasal dari limbah organik dan sangat mudah di dapat di lingkungan sekitar.

Tanpa disadari, program ini secara tidak langsung memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa POC dapat menjaga kualitas dan kesuburan tanah, serta merangsang pertumbuhan tunas sehingga sangat mendukung program KKN bertemakan Pertanian Maju dan Berkelanjutan.

Selain penyampaian materi dan praktik oleh narasumber. Para Mahasiswa KKN Unram juga memberikan POC kepada ketua kelompok tani di Dusun Montong Daye. 

Tentu hal ini sangat berdampak positif bagi masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan bisa menerapkan bagaimana langkah-langkah pembibitan dan pembuatan POC yang sudah dipraktikan sebelumnya agar dapat menghasilkan tanaman holtikultura yang memiliki nilai jual.