Makassar matangkan persiapan F8 dijadwalkan dibuka Menparekraf

id Pemkot Makassar, matangkan persiapan F8, yang akan dibuka, Menparekraf,Pemkot Makassar matangkan persiapan F8,F8 dijadwa

Makassar matangkan persiapan F8 dijadwalkan dibuka Menparekraf

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat memimpin rapat pemantapan pelaksanaan Makassar International Eight Festival and Forum (F8) yang akan digelar Rabu-Minggu (23/27/8) di Anjungan City of Makassar, Minggu (20/8/2023). ANTARA/HO/Pemkot Makassar

Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan terus mematangkan persiapan pelaksanaan event Makassar International Eight Festival and Forum (F8) yang dijadwalkan dibuka oleh Menparekraf Sandiaga Uno.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Ahad, rapat pemantapan pelaksanaan event Makassar F8 itu digelar dengan beberapa OPD terkait serta pihak penyelenggara event, yakni PT Festival Delapan Indonesia. "Kita ingin setiap tahun memberikan sesuatu yang baru, bukan mengurangi tapi menambahkan hal-hal baru yang lebih menarik lagi," ujarnya.

Danny -- sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan, event tahunan yang masuk daftar Top 10 KEN Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini diagendakan digelar 23-27 Agustus 2023.

Ada beberapa hal yang didiskusikan bersama dalam rapat tersebut. Mulai dari rekayasa lalu lintas, atraksi udara oleh TNI AU, hingga konsep pembukaan F8 pada 23 Agustus 2023. "Untuk pembukaan atraksi udara, saya minta undang masyarakat RT/RW untuk menyaksikan atraksi. Lokasinya di tugu MNEK," katanya.

Danny Pomanto menerangkan event F8 tahun ini jauh lebih baik dari tahun sebelumnya karena dihadiri sekitar perwakilan 11 negara. Diantaranya Singapura, Thailand, Vietnam, Laos, Philipina, Jepang, Malaysia, Prancis, Australia, Portugal, dan India.

Bahkan, lima negara ASEAN mengirim fashion desainer untuk mengikuti F8 di Kota Makassar. Yakni, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Laos. "Kondisi ini lebih baik dari tahun lalu, apalagi kualitas telent yang hadir lebih baik dari tahun kemarin sehingga kita harus menjaga agar penyelenggaraan kegiatan ini berlangsung dengan baik," ujarnya.

Ia juga meminta agar sosialisasi F8 kian masif dilakukan kepada masyarakat. Khususnya soal tiketing. Yaitu Rp20 ribu untuk satu kali masuk setiap hari. "Dan kalau bawa botol air minum berukuran 60 ml sebanyak dua buah itu cukup bayar Rp10 ribu, ada potongan 50%," tambahnya.

Untuk memastikan semua persiapan berjalan lancar, maka ia akan mulai turun memantau lokasi F8 sepanjang 1,7 kilometer di Anjungan Pantai Losari pada 21 Agustus. Direktur PT Festival Delapan Indonesia Sofyan Setiawan menyampaikan persiapan event F8 saat ini sudah mencapai 80 persen. Menurut dia, event ini dibagi menjadi empat zona. Yakni zona satu merupakan kawasan komunitas, zona dua area konser, zona tiga panggung utama, dan zona empat kuliner.

Ia menyebutkan nuansa kebangsaan jelas akan terasa pada saat pembukaan event F8 tanggal 23 Agustus nanti. Apalagi di pembukaan akan tampil Band Cokelat dengan lagu-lagunya yang bernuansa kebangsaan. "Salah satunya itu lagu kebyar-kebyar," ucap Sofyan Setiawan.

Baca juga: KBRI untuk Singapura tampilkan keragaman Indonesia dalam Festival Anggrek ASEAN
Baca juga: Madrasah Fest ajang siswa kembangkan bakat ilmu keagamaan


Selain itu, rapat tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Muh Roem, Kesbangpol Zainal Ibrahim, Kepala Diskominfo Ismawaty Nur. Kepala BPBD Achmad Hendra Hakamuddin, Kepala Dishub Aulia Arsyad, Kepala Bappeda Helmy Budiman, Kepala Damkar Hasanuddin, Plt Kepala Satpol PP Ikhsan NS. Hadir juga 15 Camat se-Kota Makassar dan Direktur PT Festival Delapan Indonesia Sofyan Setiawan beserta jajarannya.